• English
  • Bahasa Indonesia

Lolly Ingin Desa Anti Politik Uang di Kabupaten Bantul Jadi Contoh

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty memberikan arahan dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Desa Murtigading Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (11/10/2023). Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Lolly Suhenty beri apresiasi desa Anti Politik Uang di Kelurahan Murti Gading dan kelurahan Terong, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa tersebut diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Indonesia.

“Inisiatif yang sangat bagus dari Murtigading, dan disokong oleh sahabat-sahabatku di 16 dusun yang lain, maka insyaallah Bantul akan menjadi contoh yang baik bagi desa-desa. Semoga gerakan ini menjadi komitmen untuk menjaga kualitas pemilu 2024,” katanya dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Desa Murtigading Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (11/10/2023).

Dalam sambutannya di depan peserta diskusi, Lolly juga mengajak masyarakat untuk menolak politik uang dalam Pemilu 2024. Sebab, politik uang bisa menimbulkan gesekan antar pendukung peserta Pemilu 2024.

“Cara kita membuat pemilu 2024 sukses salah satunya tegas menyatakan tidak untuk politik uang. Karena politik uang itu memecah belah, politik uang itu membangun ketidakpercayaan. Politik uang itu bikin kita lemah. Ketika kita sudah lemah, gampang dihancurkan,” tegasnya.

Lolly menambahkan, Bawaslu mengajak masyarakat menjadi aktor kepemiluan untuk Pemilu 2024. Menurutnya dalam pesta demokrasi yang terlibat bukan hanya penyelenggara pemilu dan partai politik saja. Tetapi masyarakat juga harus terlibat aktif menjadi aktor kepemiluan.

“Pemilik negeri ini bukan hanya partai politik sebagai peserta pemilu atau penyelenggara pemilu saja, Tapi semua warga negara itu adalah aktor dalam kepemiluan kita,’ ujarnya.

Dalam diskusi ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat. Yakni, relawan Desa Anti Politik Uang Desa Murti Gading dan Desa Terong, aparatur Desa Murti Gading, dan Kesbangpol kabupaten, anggota Bawasluu provinsi DIY dan anggota Kabupaten Bantul dan juga Panwas Kelurahan Desa, serta Panwascam se-Kabupaten Bantul.

Fotografer: Bagus Pradana
Editor: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu