• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Award 2014: Apresiasi Dari Bawaslu untuk Masyarakat Peduli Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Sebagai bentuk penghargaan atas peran nyata masyarakat dalam mendukung pewujudan Pemilu yang demokratis, Bawaslu menyelenggarakan Penganugerahan Bawaslu Award 2014. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil pemeringkatan melalui kuesioner yang dibagikan kepada Komisioner dan Tim Asistensi di 33 Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia. Indikator yang dipakai dalam penilaian antara lain, kompetensi, objektivitas, netralitas, serta integritas. Dasar penilaian dapat berupa hasil karya dan kerja yang telah dilakukan, serta inovasi dalam memberikan sumbangan pemikiran, masukan, dan kritik dalam perbaikan-perbaikan Pemilu.

Malam penganugerahan Bawaslu Award yang diikuti oleh ratusan anggota Bawaslu dari seluruh daerah di Indonesia dan berbagai lembaga pengawas pemilu itu diadakan di Ruang Auditorium, Gedung TVRI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Hadir dalam acara Komisioner Bawaslu, Ketua KPU RI, Ketua MPR RI, para pegiat Pemilu, pengamat politik dan Pemilu, tokoh politik dan lain-lain. Secara khusus, Bawaslu memberikan penghargaan kepada perorangan dalam tiga kategori yakni pegiat pemilu, pengamat politik, dan pengamat hukum yang telah memberikan kontribusi untuk Pemilu 2014.

Selain itu Bawaslu juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak atas partisipasinya dalam mengawal terselenggaranya Pemilu tahun 2014. Antara lain media cetak dan elektronik, organisasi pegiat Pemilu dan lembaga negara.

Penerima Bawaslu Award 2014 antara lain: Bawaslu Provinsi terbaik kategori penanganan pelanggaran diraih Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, kategori dalam penyelesaian sengketa Pemilu diraih Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, kategori teknis pengawasan diraih Bawaslu Provinsi Jawa Timur, kategori pengawasan partisipatif diraih Bawaslu Provinsi DIY, kategori dalam membangun hubungan antar lembaga diraih Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, kategori terbaik dalam administrasi dan laporan keuangan diraih Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, kategori terbaik dalam menjalin harmonisasi komisioner dan kesekretariatan diraih Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

Untuk kategori Pengawas Pemilu Luar Negeri terbaik diraih PPLN Taiwan, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota terbaik diraih Panwaslu Kabupaten Kutai Timur. Kategori Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan terbaik diberikan kepada Panwascam Gambir DKI Jakarta dan petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) diberikan kepada desa Hilinamozaua Kabupaten Nias Selatan. 

Sedangkan pegiat politik dan Pemilu terbaik diberikan kepada Jerry Sumampouw, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi). Pengamat politik terbaik diberikan kepada Peneliti Senior LIPI, Siti Zuhro dan pengamat hukum terbaik diberikan kepada Refly Harun, ahli hukum tata negara. Tokoh masyarakat terbaik dalam menjaga netralitas Pemilu diberikan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X, tokoh demokrasi dalam mengawal Pemilu 2014 diberikan kepada mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan tokoh Pemilu 2014 diberikan kepada mantan komisioner KPU, Ramlan Surbakti.

Ketua Bawaslu RI, Muhammad dalam sambutannya secara khusus menyampaikan hormat dan apresiasi yang paling tinggi kepada teman-teman pengawas Pemilu di seluruh Indonesia. Ia merasa sesungguhnya ada yang lebih pantas mendapatkan penghargaan Bawaslu award ini. Mereka adalah panwascam dan PPL yang ada di gunung, laut dan daratan yang sudah mengorbankan jiwa raganya untuk pengabdian bersama Bawaslu. “Sesungguhnya Bawaslu Award ini untuk kalian semua wahai teman-teman PPL..” tegasnya.

Penulis: Ahmad Ali Imron

Ketua Bawaslu RI, Muhammad bersama Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik menyerahkan piagam penghargaan Bawaslu Award 2014 kepada Ketua MPR RI periode 2014-2019, Zulkifli Hasan
Anggota Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak menyerahkan piala dan piagam Bawaslu Award 2014 kepada salah satu Bawaslu Provinsi terbaik
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu