Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Berita Terkini

Senin, 26 September 2016 20:13 WIB

Pematangsiantar, Badan Pengawas Pemilu- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si menantang pengurus KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) Pematangsiantar yang baru saja dilantik menjadi wasit pemilu dalam penyelenggaraan Pilkada nanti, untuk menjadi wasit yang netral, independen dan bermartabat dalam menjaga serta menjamin proses Pilkada Pematangsiantar secara demokratis,transparan dan akuntabel.

 

 

Jumat, 23 September 2016 16:21 WIB

Jurnal Bawaslu Edisi 2 Tahun 2016 mengangkat tema “Dinamika Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia”. Tema ini dipilih dengan pertimbangan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah sejak tahun 2005 dengan berbagai dinamika yang menyertainya hingga pelaksanaannya secara serentak mulai tahun 2015 tercermin melalui naskah yang Redaksi terima. Penulis berasal dari kalangan akademisi dan praktisi dari berbagai daerah di Indonesia dengan keragaman dan ciri khas masing-masing. Berdasarkan artikel yang diterima Redaksi dan pengkajian oleh Reviewer yang terdiri atas: Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc.

Jumat, 23 September 2016 15:12 WIB

Makassar, Badan Pengawas Pemilu - Sehubungan dengan semakin dekatnya Pilkada Serentak tahun 2017, Bawaslu RI mengundang Komisioner dan Kepala Sekertariat Bawaslu Provinsi dan juga Panwaslih Kabupaten/Kota dalam kegiatan Implementasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), Implementasi Gratifikasi dan Potensi Temuan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) di lingkungan Panwas Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2017 di Hotel Swiss-Bell inn Makassar, Jum’at (23/09).

 

Rabu, 21 September 2016 11:52 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu - Secara umum Pilkada serentak 2015 berlangsung sukses, dalam arti tahapan pilkada tepat waktu  dan berjalan damai,  tapi ada catatan  peristiwa yang melanggar prinsip pemilu free and fair.

 

Selasa, 20 September 2016 07:36 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Seminar Internasional bertajuk “Demokrasi, Pemilu dan Pengawasan Pemilu” yang kali ini dihelat di Auditorium FISIP Undip, Semarang, Senin (19/9). Seminar itu menghadirkan perwakilan dari Tunisia dan Finlandia, digelar dalam rangka pertukaran pengetahuan serta komparasi sistem pemilu dengan Negara-negara sahabat.

 

Selasa, 20 September 2016 06:32 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Bawaslu RI, KPU RI, Polri, dan Kemendagri melaksanakan rapat kerja terkait persiapan Pilkada serentak 2017 di Ruang Rapat DPD RI, Senin, (19/09).  

 

Senin, 19 September 2016 22:05 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si mengungkapkan kendati semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan pemilu, namun tidak dapat dipastikan bahwa setiap proses pemilu berlangsung dengan cara-cara yang demokratis. Proses yang transparan dan akuntabel adalah pilar yang dapat menjamin proses pemilu berlangsung secara demokratis.

 

Senin, 19 September 2016 13:29 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Guna mendorong terwujudnya visi menjadi pusat pembelajaran demokrasi dan pengawasan Pemilu bagi masyarakat dan stakeholder baik dari dalam maupun luar negeri, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia kembali mengadakan seminar internasional bertajuk “Demokrasi, Pemilu dan Pengawasan Pemilu” yang kali ini dihelat di Semarang, Senin (19/9).

Sabtu, 17 September 2016 15:29 WIB

Lampung,  Badan Pengawas Pemilu - Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, pada Pilkada Tahun 2017 penegakan hukum terkait  praktik politik uang akan semakin tegas. Merujuk pada Undang-Undang Pilkada yang telah selesai direvisi, pemberi maupun penerima politik uang dapat dikenai sanksi pidana.

 

Sabtu, 17 September 2016 15:06 WIB

Lampung,  Badan Pengawas Pemilu - Pimpinan Bawaslu Endang Wihdatiningtyas meminta agar pengawas pemilu harus memahami aturan dan tidak berlebihan dalam melakukan tugas dan fungsi pengawasan. Pengawas pemilu menurutnya harus menjalankan tugas dengan tepat, efektif dan efisien sesuai aturan yang ada.

 

Halaman