Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Berita Terkini

Jumat, 30 September 2016 08:15 WIB

Medan, Badan Pengawas Pemilu – Upaya pengawasan internal Bawaslu untuk preemtif dan preventif mendukung dan mempertahankan opini yang sudah diraih Bawaslu yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2015 yang lalu adalah sangat penting karena mempertahankan WTP sangat sulit daripada meraihnya.

 

Jumat, 30 September 2016 08:14 WIB

Medan, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar kegiatan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Gratifikasi dan Potensi Temuan BPK dalam pengelolaan dana hibah pada Panwas Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2017 di Grand Angkasa International Hotel, Medan, Kamis, (29/9).

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terhadap peserta tentang SPIP, penilaian risiko sebagai bagian penting dalam unsur SPIP, pemahaman tentang gratifikasi dan potensi temuan audit BPK.

Rabu, 28 September 2016 22:33 WIB

Ambon, Badan Pengawas Pemilu - Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017 mendatang. Ketua Bawaslu Muhammad berharap agar Walikota dan Wakil Wakil Walikota Ambon yang terpilih nanti bukan ditentukan oleh Putusan Mahkamah Konstitusi (Mahkamah Konstitusi).

Senin, 26 September 2016 20:13 WIB

Pematangsiantar, Badan Pengawas Pemilu- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si menantang pengurus KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) Pematangsiantar yang baru saja dilantik menjadi wasit pemilu dalam penyelenggaraan Pilkada nanti, untuk menjadi wasit yang netral, independen dan bermartabat dalam menjaga serta menjamin proses Pilkada Pematangsiantar secara demokratis,transparan dan akuntabel.

 

 

Jumat, 23 September 2016 16:21 WIB

Jurnal Bawaslu Edisi 2 Tahun 2016 mengangkat tema “Dinamika Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia”. Tema ini dipilih dengan pertimbangan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah sejak tahun 2005 dengan berbagai dinamika yang menyertainya hingga pelaksanaannya secara serentak mulai tahun 2015 tercermin melalui naskah yang Redaksi terima. Penulis berasal dari kalangan akademisi dan praktisi dari berbagai daerah di Indonesia dengan keragaman dan ciri khas masing-masing. Berdasarkan artikel yang diterima Redaksi dan pengkajian oleh Reviewer yang terdiri atas: Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc.

Jumat, 23 September 2016 15:12 WIB

Makassar, Badan Pengawas Pemilu - Sehubungan dengan semakin dekatnya Pilkada Serentak tahun 2017, Bawaslu RI mengundang Komisioner dan Kepala Sekertariat Bawaslu Provinsi dan juga Panwaslih Kabupaten/Kota dalam kegiatan Implementasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), Implementasi Gratifikasi dan Potensi Temuan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) di lingkungan Panwas Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2017 di Hotel Swiss-Bell inn Makassar, Jum’at (23/09).

 

Rabu, 21 September 2016 11:52 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu - Secara umum Pilkada serentak 2015 berlangsung sukses, dalam arti tahapan pilkada tepat waktu  dan berjalan damai,  tapi ada catatan  peristiwa yang melanggar prinsip pemilu free and fair.

 

Selasa, 20 September 2016 07:36 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Seminar Internasional bertajuk “Demokrasi, Pemilu dan Pengawasan Pemilu” yang kali ini dihelat di Auditorium FISIP Undip, Semarang, Senin (19/9). Seminar itu menghadirkan perwakilan dari Tunisia dan Finlandia, digelar dalam rangka pertukaran pengetahuan serta komparasi sistem pemilu dengan Negara-negara sahabat.

 

Selasa, 20 September 2016 06:32 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Bawaslu RI, KPU RI, Polri, dan Kemendagri melaksanakan rapat kerja terkait persiapan Pilkada serentak 2017 di Ruang Rapat DPD RI, Senin, (19/09).  

 

Senin, 19 September 2016 22:05 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si mengungkapkan kendati semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan pemilu, namun tidak dapat dipastikan bahwa setiap proses pemilu berlangsung dengan cara-cara yang demokratis. Proses yang transparan dan akuntabel adalah pilar yang dapat menjamin proses pemilu berlangsung secara demokratis.

 

Halaman