• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Pemilu di 34 Negara, Bawaslu Kerja Sama dengan Kemenlu

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro saat memimpin Rapat Pokja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu LN) antara Bawaslu dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Badan Pengawas Pemilihan Umum dan Kementrian Luar Negeri menggelar Rapat Pleno Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu LN) di Gedung Kementrian Luar Negeri. Jakarta, Kamis (19/04/2018). Panwaslu Luar Negeri dibentuk di 34 negara untuk mengawasi penyelenggaran Pemilu 2019 di luar negeri.
 
“Sebagaimana sudah menjadi keputusan bahwa pelaksanaan pengawasan di luar negeri nanti akan dibentuk di 34 negara,” ujar Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro dalam sambutannya. Jumlah 34 negara perwakilan diambil berdasarkan pertimbangan efektivitas dan efisiensi dengan memperhatikan beberapa pertimbangan. Di antara pertimbangan itu adalah jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang ada di dalam suatu negara di luar negeri yang berjumlah minimal 5.000 orang. Nantinya 34 negara ini akan dibagi menjadi tujuh regional yaitu Malaysia, Tokyo, Den Haag, Perth, Washington DC, Dubai dan Kairo.
 
Pokja  akan melakukan tiga agenda tahapan pertama dalam Pembentukan Panwaslu LN. Di antaranya, perekrutan dan pelantikan, bimbingan teknis (bimtek,  dan yang terakhir sosialisasi kepada masyarakat di luar negeri. Sebagaian proses perekrutan sudah berjalan. Diharapkan semua perwakilan negara dapat segera mengirimkan nama agar dapat ditindaklanjuti oleh Bawaslu. Pelantikan Panwaslu LN akan dilakukan di masing-masing regional. Setelah itu Panwas terpilih akan diberikan bimbingan dan pelatihan dan sosialisasi oleh Pokja.
Rapat dihadiri oleh jajaran struktural Bawaslu RI dan Kementrian luar Negeri RI yang masuk dalam Kelompok Kerja Pembentukan Panita Pengawasan Pemilihan luar Negeri.
 
Penulis/Foto : Baguz 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu