• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Berikan Catatan Pada Evaluasi Gugus Tugas Pemantauan Penyiaran 2018

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin, memberikan beberapa catatan dan rekomendasi terhadap Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Tahun 2018. Di antara catatan dan rekomendasi tersebut adalah peningkatan sinergitas anggota gugus tugas, penyamaan persepsi tentang definisi kampanye oleh penyelenggara pemilu, pengawalan penegakan hukum atas rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh gugus tugas, penyusunan SOP gugus tugas, serta percepatan penetapan PKPU tentang kampanye. Hal ini disampaikan Afif saat memberikan pandangannya dalam forum Evaluasi Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Tahun  2018 di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Afif menegaskan, secara umum orientasi pencegahan yang dilakukan gugus tugas relatif berhasil pada satu sisi. Tetapi di sisi lain ada dampak dari kemeriahan pemilu di mana industri iklan televisi tampak sepi tidak seperti biasannya. Guna menghasilkan sinergitas yang baik pada gugus tugas, menurut Afif, ke depan pengawasan dan kerjasama berkaitan dengan kampanye 2019  yang dilakukan gugus tugas terkait kampanye di luar jadwal perlu ditingkatkan. Begitu pula koordinasi dalam penyamaan persepsi tentang kampanye harus lebih ditekankan. “PKPU kampanye perlu dorongan gugus tugas, karena ada  hal baru dalam pemilu Pileg Pilpres 2019 nanti, yakni pengaturan citra diri,” ujar Afif.  

Hadir dalam evaluasi gugus tugas tersebut koordinator Gugus Tugas Pengawasan Penyiaran Pemilukada, Nuning Rodiyah,  Komisioner KPI Pusat, Hardly Stefano, Komisioner isi penyiaran KPI Mayong Suryo Laksono, perwakilan dari KPU, KPI Daerah, serta beberapa awak media.

Penulis dan Photo: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu