• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu dan Kemenko Polhukam Diskusikan Permasalahan Pilkada

Bawaslu dan Kemenko Polhukam adakan rapat mendiskusikan permasalahan yang tengah dihadapi jelang Pilkada serentak 2015 di Ruang Rapat Arjuna Gedung Kemenko Polhukam, Kamis (19/11).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak mengadakan pertemuan bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan di Ruang Rapat Arjuna Gedung Kemenko Polhukam, Kamis (19/11). Dalam pertemuan tersebut, dibahas mengenai berbagai permasalahan yang tengah dihadapi maupun yang akan dihadapi pada Pilkada serentak tahun 2015.

Kemenko Polhukam telah memetakan berbagai permasalahan tersebut yakni adanya potensi kerawanan di daerah dengan pasangan calon tunggal, implementasi peraturan Mahkamah Konstitusi No 4 Tahun 2015 Tentang Penyelesaian Perselisihan Pilkada Dengan Satu Pasangan Calon, kekurangan anggaran bagi  Panwaslu dan KPU Kabupaten/Kota, implikasi hasil sengketa TUN pemilihan di Mahkamah Agung, sanksi money politics  belum diatur pada UU Nomor 8 Tahun 2015, pendukung pasangan calon yang tidak menerima putusan sengketa hasil Pilkada, dan faktor geografi yang berada pada musim hujan.

Menanggapi hal tersebut, Menko Polhukam meminta jajarannya untuk terus memantau segala yang berpengaruh terhadap permasalahan yang sudah dipetakan ini, termasuk dalam anggaran. “Pilkada sudah tinggal beberapa hari lagi, persoalan anggaran untuk pengawas masih ada yang bermasalah seharusnya persoalan seperti ini sudah tidak ada lagi. Kami juga mengupayakan agar anggaran ini bisa segera terealisasi,” ujar Luhut.

Luhut mengharapkan pemerintah daerah turut mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak dengan tidak mempersulit pencairan dana. Menurutnya, sudah sepantasnya pemerintah daerah memfasilitasi penyelenggara Pemilu. “Tidak ada alasan lagi untuk tidak mencairkan. Pemerintah daerah harus diberi ketegasan. Kalau seperti ini bagaimana pengawas bisa bekerja,” tegasnya.

Sementara Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak membenarkan adanya daerah yang masih terkendala dengan anggaran. Ia juga berharap pemerintah daerah segera merealisasikan anggaran tersebut ke jajaran pengawas. “Meski belum ada anggaran, kami tetap menjalankan pengawasan walaupun seadanya. Namun kendalanya, kami tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kami harap pihak pemerintah daerah segera merealisasikan anggaran ini,” kata Nelson.

Penulis/Foto: Pratiwi/Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu