• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu-Kepolisian-Kejaksaan Berkomitmen Tidak Memunculkan Ego Sektoral

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan yang rergabung dalam wadah Sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) berkomitmen untuk tidak memunculkan sikap ego sektoral dalam diri masing-masing personil.

Komitmen bersama ini diucapkan oleh Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalollo bersama Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rachmad, dan Kepala Satuan Tugas Nusantara Kepolisian RI, Irjen Pol Gatot Edi Pramono dalam Rakornas Sentra Gakkumdu, di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo menekankan pentingnya menjaga sebuah komitmen. Ia mengatakan, komitmen penegakan hukum harus berbanding lurus dengan komitmen moral dalam penegakan hukum Pemilu.

Bagi lembaga Bawaslu, lanjut Dewi, pencapaian tertinggi dalam sebuah pelaksanaan Pemilu adalah bagaimana Bawaslu bisa menjaga kemurnian suara rakyat. “Selain tidak memunculkan ego sektoral dalam penegakan hukum pemilu bersama Kejaksaan dan Kepolisian, Bawaslu juga akan menjaga kemurnian suara rakyat demi terlaksananya Pemilu yang demokratis,” tutur Dewi.

Sementara, Irjen Pol Gatot Edi Pramono yang mewakili Kapolri menegaskan Polri akan menjaga profesionalitas dan netralitas dalam penegakan hukum Pemilu, dan akan menyampaikan proses penyidikan secara transparan kepada masyarakat. Ini salah satu poin dari komitmen Polri.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rachmad mengutarakan komitmen Kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu. Kejaksaan selain tidak melahirkan sikap ego sektoral, berkomitmen untuk menjaga sinergitas dan berusaha mewujudkan pemilu yang sukses dan melahirkan pemimpin yang berkualitas.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu