• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Maraton Gelar Sidang Ajudikasi Tiga Parpol

Jakarta,Badan Pengawas Pemilu -  Setelah proses mediasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menghasilkan kesepakatan, tiga partai politik menjalani sidang adjudikasi penyelesaian sengketa di Bawaslu yang digelar Senin, (26/2/2018). Ketiga partai tersebut adalah Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo).

Ketua Bawaslu RI Abhan selaku Ketua Majelis Pemeriksa mengatakan bakal menyelesaikan sidang ini dalam waktu yang cepat guna mengejar tenggat waktu penanganan perkara sengketa pemilu di Bawaslu. Bawaslu akan menggelar sidang secara maraton hingga awal pekan depan, Senin, (5/3/2018).

“Pemeriksaan ini dibatasi waktu,  selambat-lambatnya tanggal 5 Maret harus kami putus. Kami harapkan kerjasamanya semua pihak, sidang akan kami lakukan secara maraton,” Kata Abhan dalam sidang adjudikasi di Kantor Bawaslu.

Abhan menjelaskan upaya mediasi yang dilakukan Bawaslu sebelumnya terhadap partai politik sebagai pemohon, serta KPU RI sebagai termohon tidak mencapai kesepakatan alias nihil untuk kedua belah pihak dan mengharuskan Bawaslu untuk meneruskan sidang adjudikasi.

Adapun pihak yang hadir sebagai pemohon dalam sidang adjudikasi ini, dari PBB adalah Sekjen Alfiansyah Ferry Noer, Kuasa hukum Partai Idaman Heriyanto, dan Kuasa Hukum Parsindo Kamal Maksudi. Sementara termohon diwakili oleh Komisioner KPU RI Hasyim Asyhari, Wahyu Setiawan serta kuasa hukum KPU RI.

Sebelumnya ketiga partai politik tersebut tidak lolos sebagai partai yang ikut pemilihan Presiden 2019, hasil tersebut dimuat dalam Keputusan KPU Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Sesuai Pasal 461UU Pemilu, sidang dugaan pelanggaran administrasi yang digelar oleh Bawaslu harus selesai dalam waktu 14 hari kerja sejak laporan terdaftar.

Photo dan Penulis : Nurisman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu