• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Pantau Langsung Rekapitulasi Suara di Pilkada Takalar

Ketua Bawaslu RI Prof. Muhammad saat dialog dengan aparat keamanan di Kantor Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Takalar Jl. Syekh Yusuf No. 3 Pattalassang Takalar Sulawesi Selatan, Jum'at, (17/02). Dalam kesempatan itu Bawaslu RI melakukan supervisi rekapitulasi suara pada Pilkada Kabupaten Takalar di beberapa kecamatan.

Takalar, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Prof. Muhammad dan Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah bersama anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan melakukan supervisi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Takalar tahun 2017. Rombongan berkunjung ke kantor Panwaslu Kabupaten Takalar dalam rangka memantau langsung proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Jumat (17/2).

 

Pada Pilkada serentak 2017 ini, Kabupaten Takalar merupakan satu-satunya daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Provinsi Sulawesi Selatan. “Jadi agenda kami, saya bersama pimpinan Bawaslu RI Pak Nasrullah itu ingin melihat secara langsung proses rekap. Jadi kita tahu di Sulawesi Selatan hanya ada satu Pilkada dan kami ingin justru Pilkada Takalar ini menjadi contoh di kabupaten/kota yang lain, bahkan Provinsi yang lain,” kata Prof. Muhammad kepada para wartawan.

 

“Alhamdulillah, dari pagi kita telah melakukan supervisi dan menyaksikan sendiri proses rekapitulasi di beberapa kecamatan, semuanya berlangsung sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

 

Rombongan Bawaslu RI juga menyempatkan diri menyambangi Kecamatan Polongbangkeng Utara untuk memantau langsung rekapitulasi perolehan suara dan melihat aspek keterbukaan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

 

Bilamana mendapat pengaduan atau laporan dari masyarakat selama proses rekapitulasi, Muhammad meminta kepada petugas Panwas agar tidak membiarkan aduan atau laporan masyarakat yang masuk di Panwas berlarut. Setiap permasalahan dan aduan harus segera ditindaklanjuti dan harus segera memberi jawaban atas aduan masyarakat.

 

Dia menambahkan, setiap aduan yang masuk harus selesai secara berjenjang. "Seperti laporan pada saat proses pencoblosan kemarin. Jika ada aduan harus diselesaikan sebelum masuk tahapan rekapitulasi, begitupun selanjutnya," pungkasnya.

 

Saat berita ini ditulis, hasil akhir real count KPU untuk Pilkada Takalar 2017 menempatkan pasangan Syamsari Kitta-Achmad Dg Se’re (SK-HD) sebagai pemenang dengan perolehan 88.113 suara atau 50.58%.

 

Disusul kemudian pasangan petahana, Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) berhasil memperoleh 86.090 suara atau 49.42%. Dari hasil perhitungan, selisih suara kedua pasangan hanya terpaut 2.023 suara.

 

Total suara sah sebanyak 174.954. Suara yang sah tercatat 174.206 suara. Sementara suara yang tidak sah 1.211 suara. Data ini bersumber dari 351 TPS di Pilkada Kabupaten Takalar yang dilansir melalui laman website KPU RI.

 

Data ini dilansir KPU RI berdasar entry data Model C1 yang merupakan hasil sementara dan bukan hasil final. Apabila nantinya ditemukan kesalahan dalam Model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi ditingkat atasnya.

 

Prof. Muhammad juga meminta kepada semua pasangan calon dan timnya untuk bersabar menunggu hasil resmi dari KPU. “Jangan terprovokasi oleh hasil-hasil survey. Hal Itu (hasil survey-red) adalah ruang bagi warga negara. Tapi itu bukan hasil resmi dari KPU,” jelasnya.

 

Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk menghargai proses yang dilakukan KPU sambil kita melakukan pemantauan dan pengawasan rekapitulasi bersama, imbuhnya.

 

Selain melakukan pemantauan proses rekapitulasi, Bawaslu RI juga mengadakan forum dialog dengan anggota Panwascam di Kantor Panwas Kabupaten Takalar untuk mengupas permasalahan-permasalahan yang dihadapi mereka selama proses rekapitulasi suara.

 

Kabupaten Takalar memiliki 9 Kecamatan, 100 Desa dengan 209.833 pemilih dan pengguna hak pilih 175.283 orang. Menurut catatan KPU dalam penyelenggaraan Pilkada 2017 ini, partisipasi pemilih di Kabupaten Takalar mencapai 83,5%.

Penulis dan Foto: Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu