• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu RI Kawal Pertanggungjawaban Provinsi

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro membuka kegiatan Pendampingan Riviu Laporan Keuangan Bawaslu RI Tahun 2015 di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu siang (3/2). Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan peserta agar memahami betul langkah-langkah yang dipersiapkan dalam penyusunan laporan keuangan dan persiapan untuk pemeriksaan oleh BPK agar hasil yang dicapai nantinya maksimal.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro mengatakan akan melakukan pendampingan secara detail saat proses pembuatan laporan keuangan, terutama provinsi yang melaksanakan pemilihan Gubernur pada saat Pilkada serentak Tahun 2015 kemarin.

 

Dikarenakan pertanggungjawaban penggunaan anggaran berada di Bawaslu Provinsi. Untuk itu, nantinya tim dari Bagian Pengawasan Internal Bawaslu RI akan hadir untuk mengecek secara detail kelengkapan dokumen pertanggungjawaban sebelum tim pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan di provinsi tersebut. Hal itu disampaikan Gunawan saat membuka kegiatan Pendampingan Riviu Laporan Keuangan Bawaslu RI Tahun 2015 di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu siang (3/2).

 

Menurutnya, kelengkapan dokumen saja belum cukup untuk menjadi patokan bahwa dokumen itu nantinya benar. Untuk itu dia mengingatkan peserta agar memahami betul langkah-langkah apa yang dipersiapkan dalam penyusunan laporan keuangan dan persiapan untuk pemeriksaan oleh BPK agar hasil yang dicapai nantinya maksimal.

 

 “Dokumen yang lengkap belum tentu benar, harus dilakukan pengecekan terlebih dulu agar maksimal”, Ujar Gunawan

 

Gunawan Menambahkan, kesalahan di tahun lalu jangan sampai terulang kembali di tahun sekarang. Jangan sampai terjebak pada lubang yang sama. Nantinya, lanjut Gunawan, jika dalam proses pendampingan pembuatan laporan keuangan ini ditemukan keraguan dimohon untuk bertanya kepada pendampingnya. “Nantinya, jika ada masalah, akan segera dicari solusinya,” tuturnya.

 

Selain Sekjen Bawaslu, pembukaan kegiatan tersebut juga hadir Kepala Biro Adminitrasi Dermawan Adhi Santoso, Kepala Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal Ferdinand Eskol Tiar Sirait, Kepala Bagian Pengawasan Internal Pekerti Luhur, dan Direktur PIP Polsoskam Andi Revi dari  Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penulis/Foto : Muhtar

Editor    : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu