• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sumsel Dorong Partisipasi Aktif Mahasiswa

Palembang, Badan Pengawas Pemilu - Kurang lebih 2.000 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah mendeklarasikan diri untuk turut berpartisipasi aktif dalam pengawasan proses demokrasi di Gedung UIN Raden Fatah Palembang, Senin (19/3/2018). Deklarasi ini didorong oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam meningkatkan pengawasan partisipatif.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin yang turut hadir dalam deklarasi mengatakan, Bawaslu bertekad untuk berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengawasi setiap proses Pemilu serta menegakkan keadilan dalam Pemilu.

"Tidak mungkin Bawaslu bisa mengawasi jika tanpa partisipasi rakyat. Maka dari itu kami bekerja sama dengan masyarakat, termasuk mahasiswa, dalam melakukan pengawasan," kata Afif.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi. Ia menjelaskan, secara formal Bawaslu yang menjadi pengawas Pemilu namun secara informal semua rakyat adalah pengawas Pemilu.

"Personil Bawaslu sangat terbatas sehingga tidak mungkin mampu mengawasi seluruh proses pemilu yang begitu komplek. Maka kami mengajak mahasiswa untuk menjadi pengawas," jelas Junaidi.

Wakil Rektor II UIN Raden Fatah Zainal Berlian mengapresiasi Bawaslu yang menggandeng UIN Raden Fatah untuk melibatkan mahasiswa dalam proses demokrasi. "Demokrasi tidak hanya di tangan politisi tapi di tangan kita semua, termasuk mahasiswa. Mahasiswa juga harus mampu melakukan pengawasan terhadap proses Pemilu," pungkas Zainal.

Deklarasi berisi sembilan poin yang menyatakan komitmen mahasiswa dalam mendukung pengawasan partisipatif guna mewujudkan Pemilu yang bersih.

Penulis/Foto: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu