• English
  • Bahasa Indonesia

Car Free Day dan Keberadaan Lembaga Bawaslu Di Hati Masyarakat

Jakarta, Bawaslu - Keberadaan ribuan warga Kota Jakarta yang mengikuti  secara rutin acara Car Free Day  yang digelar di seputaran jalan MH. Thamrin dan Sudirman pada setiap hari Minggu, menjadi harapan bagi lembaga Badan pengawas Pemilu untuk dapat mengenalkan keberadaan lembaga ini dalam mengawal proses demokrasi yang sudah dan akan berlangsung di Indonesia.

Bagian Humas dan Hubal Bawaslu RI pada hari Minggu, 9 Nopember 2014 mampu mengajak sekitar hamper dua ratusan warga yang tengah melaksanakan kegiatan jalan pagi sehat dan bersepeda untuk mampir di stand Bawaslu guna mengenal lebih dekat keberadaan lembaga Bawaslu dalam kiprah dan perannya melaksanakan pengawasan Pemilu baik yang sudah berlangsung yaitu Pemilu Legislatif serta PemiluPresiden dan Wakil Presiden RI maupun momen pemilu yang akan dating yaitu PemiluKada yang akan diselenggarakan secara serentak pada bulan September 2015.

Keberadaan stand Bawaslu yang meramaikan acara Car Free Day di hari Minggu ini tidak hanya menampilkan banner banner sebagai informasi tentang peran dan fungsi Bawaslu, panitia melalui MC yang memandu acara juga mengajak berkomunikasi masyarakat dalam dialog ringan Tanya jawab tentang sejauhmana pengetahuan warga mengenal lembaga ini. Keberhasilan warga yang mampu menjawab secara umum pertanyaan pemandu acara mendapat hadiah ringan berupa pin Bawaslu dan snack.

Ketertarikan warga peserta Car Free Day berlanjut saat Bawaslu menggelar senam bersama yang diikuti dengan antusias para pejalan kaki dan sepeda yang rata rata telah menjalani rute Car Free Day Sudirman –Thamrin.

Di Jakarta Car free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar pada 23 Mei 2002, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah dan akhirnya dijadikan pemerintah sebagai agenda rutin pada setiap hari Minggu.

Semua arus lalu lintas kecuali kendaraan Busway Transjakarta sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB tidak diijinkan melewati area Car Free Day sehingga dapat member kesempatan warga yang akan berektifitas sehat berupa olah raga jalan kaki, lari, aerobic,  atraksi lucu inovatif dan informative  atau pun menjadi media bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi informasi penting terkini termasuk peran, fungsi akan keberadaan Bawaslu RI.

 

Penulis: Nurmalawati Pulubuhu

Foto: MZAINT

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu