• English
  • Bahasa Indonesia

Cegah Jajaran Terlibat Pidana, Bawaslu Sosialisasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Kehati-hatian dalam pengelolaan anggaran harus dipahami oleh seluruh jajaran Bawaslu agar terhindar dari kasus hukum. Itulah yang mendasari Bawaslu menggelar Sosialisasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dan Gratifikasi di lingkungan Bawaslu Tahun 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari dari Rabu (5/12/2018) hingga Jumat (7/12/2018) di Jakarta itu mengundang Koordinator Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Direktur Tipikor Kabareskrim Mabes Polri, Ketua BPKP, dan Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta. Sementara dari jajaran Bawaslu, hadir anggota Bawaslu Provinsi, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota, dan bendahara Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta, Banten, Sumatera Barat, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Gorontalo, Sulawesi Utara, Papua, dan Maluku.

“Sosialisasi SPIP, LHKPN serta gratifikasi yang ketiga ini bertujuan memberikan pemahaman bagaimana tata kelola anggaran yang baik dan benar,” ujar Sekretaris Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro, di hadapan  259 peserta. Menurut Gunawan, pemahaman yang baik bisa menghindarkan dari masalah hukum bagi jajaran Bawaslu. Gunawan tidak rela jajaran pengawas pemilu  bermasalah dengan hukum karena pengelolaan anggaran yang tidak baik.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal, Ferdinand E. Sirait berharap agar seluruh peserta mampu merencanakan program, mengelola anggaran dan membuat laporan keuangan sesuai dengan perundang-undangan.

Penulis dan foto : Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu