• English
  • Bahasa Indonesia

Fungsi Pengawasan Bawaslu dalam Tahapan Kampanye

Bali, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI Moch. Afifuddin mengingatkan tahapan kampanye merupakan tahapan yang menyita emosi publik. Kemampuan pengawasan menjadi tanggung jawab semua divisi. Namun, terkait temuan dan laporan pelanggaran kampanye yang paling berwenang adalah divisi penindakan dan pengawasan.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini menjabarkan tugas utama Bawaslu adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan. “Jangan sampai tidak ada laporan, temuan pengawasan serta penanganan pelanggaran dalam masa kampanye,” ujarnya pada Rakernis Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu 2019 di Bali, Selasa (9/10/2018).

Afif mengimbau seluruh jajaran Bawaslu, baik  di tingkat provinsi, kabupaten/kota maupun kecamatan untuk bersama masyarakat berpartisipasi mengawasi dan memantau seluruh tahapan kampanye guna mencegah terjadinya pelanggaran.

“Semua hal dan aktivitas boleh dilakukan saat masa kampanye, kecuali yang dilarang. Ini pentingnya mengkomunikasikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ke partai politik,” kata Afif.
Menurut Afif, pesan-pesan pencegahan akan sampai ke partai politik apabila orientasi pencegahan didahulukan. Partai politik akan tahu mana yang dilarang dan mana yang tidak dilarang, sehingga akan ada kehati-hatian untuk melakukan pelanggaran kampanye.

Rapat Kerja Teknis Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 dihadiri oleh ketua dan anggota Bawaslu Provinsi serta kordinator divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali. Kegiatan Rakernis ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota terhadap tugas pokok dan fungsi antara Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, dan Panwascam dalam tahapan kampanye Pemilu 2019.

Penulis dan Photo : Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu