• English
  • Bahasa Indonesia

Gathering Jaga Soliditas Pengawas Pemilu

Suasana berbeda tampak rangkaian peringatan HUT ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia bagi jajaran pengawas pemilu se Indonesia. Untuk pertama kalinya, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia mengumpulkan seluruh anggota Bawaslu dan Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi se Indonesia untuk acara keakraban dalam kegiatan family gathering di Lembang, Jawa Barat.

Suasana keakraban para peserta tercipta sejak pertama kali tiba di Hotel Nirwana, Lembang Jawa Barat. Hotel yang menjadi tempat Family Gathering itu jauh dari kesan mewah. Para peserta yang berjumlah hampir 200 orang, ditempatkan di kamar hotel. Kamar yang lebih mirip Barak itu ditempati 6 orang hingga 70 orang dalam satu ruangan dengan menggunakan kasur tidur sederhana. Baik Ketua Bawaslu RI Prof. DR Muhammad dan anggota Bawaslu RI,  Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, Ketua Bawaslu Provinsi se Indonesia hingga pejabat structural maupun staff Sekretariat Jenderal Bawaslu RI bergabung dalam situasi barak tersebut.  

Pada barak dengan jumlah tempat tidur 70 orang hanya disediakan 6 kamar mandi termasuk 3 toilet. Kendati jauh dari kesan mewah, situasi penginapan tersebut pada akhirnya bisa dinikmati sebagian besar peserta.  Hanya beberapa peserta memilih menginap di penginapan sederhana lainnya di sekitar Hotel Nirwana dengan pertimbangan barak terlalu padat dengan jumlah toilet terbatas.

Ketua Bawaslu Prof. DR Muhammad mengatakan, kegiatan family gathering itu merupakan pertama kalinya digelar antara Bawaslu RI dengan Bawaslu provinsi. Semestinya kegiatan tersebut dilaksanakan pada awal pembentukan lembaga Bawaslu provinsi atau pada awal terpilihnya Anggota Bawaslu RI periode 2012-2017. Namun karena kesibukan persiapan Pileg dan Pilpres 2014 dan Pilkada serentak 2015, kegiatan gathering baru sempat dilaksanakan.

“Semoga kegiatan family gathering bisa dilanjutkan oleh komisioner Bawaslu periode selanjutnya, karena kegiatan inipun penting untuk menjalin keakraban dan menjaga soliditas jajaran pengawas pemilu,” kata Muhammad saat briefing pembukaan.   

Ketua Bawaslu mengingatkan seluruh jajaran pengawas pemilu untuk selalu menjaga soliditas, integritas dan meningkatkan kinerja mengawasi pemilihan umum di Indonesia menjelang Pilkada serentak 2017. Apalagi pengawas pemilu telah diberikan kewenangan tambahan untuk  mendiskualifikasi pasangan calon kepala daerah.

Sementara itu para peserta gathering dari anggota Bawaslu provinsi menanggapi positif acara tersebut dan memandang perlu dilakukan minimal sekali dalam satu periode masa jabatan Bawaslu. Sehingga satu sama lain anggota Bawaslu dan kepala sekretariat Bawaslu provinsi dapat saling mengisi dan belajar. Namun menurut mereka, panitia perlu memberitahu sejak awal, bahwa para peserta ditempatkan di barak-barak sehingga mereka punya persiapan untuk membawa serta perlengkapan mandi.

Family gathering Bawaslu diisi dengan berbagai fun game secara individu dan berkelompok untuk membangun kebersamaan dan soliditas. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 14-16 Agustus 2016 diisi juga dengan kegiatan hiburan berupa Jeep Adventure Offroad dan motivasi oleh motivator yang diundang ke acara tersebut.

 

 

Penulis : raja monang silalahi.   

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu