• English
  • Bahasa Indonesia

Hari Ini 560 Calon CPNS Bawaslu Wilayah DKI Jakarta Menjalani Tes Seleksi Kompetensi Dasar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Pengawas Pemilu untuk lokasi tes DKI Jakarta dan sekitarnya akan menjalani Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari ini, Kamis (8/11/2018). Tes SKD yang bertempat di Kantor Walikota Jakarta Timur ini merupakan tes tahap 2 untuk seleksi penerimaan CPNS tahun 2018.

Dalam seleksi administrasi CPNS Bawaslu tercatat 4.500 pendaftar telah memasukkan berkas ke Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 3.100 peserta lolos untuk melanjutkan ke tes SKD. Untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya peserta tes SKD berjumlah 560 orang.

Tes SKD ini dilakukan dengan menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Soal-soal CAT SKD terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan(TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk lulus tes SKD peserta harus memenuhi minimal ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan oleh Kementerian PAN dan RB. Permenpan RB Nomor 38 Tahun 2018 tentang nilai ambang batas SKD pengadaan CPNS tahun 2018 menyebutkan, nilai ambang batas untuk TWK 75, TIU 80, dan TKP 143.

Penulis dan Foto: M Agus Saifuddin

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu