Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Jelang Bawaslu Award 2017, Bawaslu Matangkan Persiapan

Kam, 16/03/2017 - 17:41 -- pratiwi eka putri

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu kembali akan menggelar Bawaslu Award Tahun 2017 awal April mendatang. Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, Bawaslu menggelar rapat persiapan yang dihadiri Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah dan Pimpinan serta Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi seluruh Indonesia, Kamis (16/3).

Nasrullah menjelaskan, beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka menyongsong perhelatan Bawaslu Award 2017, yakni klasifikasi kategori  penerima penghargaan,  mekanisme penilaian, serta hal-hal teknis lainnya untuk mendukung kelancaran perhelatan tersebut.

“Upayakan Bawaslu Award tahun ini lebih hebat dari tahun sebelumnya. Kita kedepankan kompetisi yang sehat di antara seluruh jajaran pengawas daerah agar penghargaan ini menjadi bermakna,” ujar Nasrullah.

Seperti diketahui, penyelenggaraan Bawaslu Award Tahun 2017 dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi kerja pengawasan yang dilaksanakan oleh pengawas Pemilu dari Bawaslu Provinsi sampai tingkat pengawas paling bawah, yaitu pengawas TPS.

Nantinya akan diberikan penghargaan kepada Bawaslu Provinsi/Panwaslih Aceh, Panwas kabupaten/kota, Panwas kecamatan, PPL, dan Pengawas TPS terbaik. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Bawaslu Provinsi/Panwaslih Aceh dan Panwas Kabupaten/Kota terbaik dalam hal penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran, pengawasan, pengawasan partisipatif, serta dalam bidang sosisalisasi, humas dan hubungan antar lembaga. Pada Perhelatan Bawaslu Award 2017 ini juga ditambahkan kategori baru, yaitu Sentra Gakkumdu terbaik.

Penghargaan Bawaslu Award 2017 tidak hanya penganugerahan apresiasi kepada insan pengawas Pemilu, tetapi juga diberikan kepada pemangku lain yang menunjang pelaksanaan pengawasan Pemilu seperti Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota serta KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota terbaik dengan beberapa kategori. Di samping itu juga akan diberikan penghargaan kepada negara-negara sahabat melalui duta besarnya dan lembaga-lembaga pemantau pemilu, baik nasional maupun internasional.

“Pada intinya penyelenggaraan Bawaslu Award bertujuan untuk mengevaluasi pengawas Pemilu agar pengawasan Pemilu ke depan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

 

Penulis/Foto: Abdul Hamid Idrus

Editor: Pratiwi