• English
  • Bahasa Indonesia

Kemlu: Buku Saku Permudah Pengawasan di LN

altTangerang, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilu dan KelompokKerja (Pokja) Pengawas Pemilu Luar Negeri mengadakan pembahasan Finalisasi Buku Saku Pengawas Pemilu Luar Negeri dalam rangka Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, Kamis (1/5), di Tangerang, Banten.

Dalam sambutan pembukaan, Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri (Irjen Kemlu), Ibnu Said menyambut baik pembuatan buku saku Pengawas Pemilu Luar Negeri dalam rangka Pilpres 2014.

“Yang terpenting adalah buku saku ini dapat bisa menjelaskan secara tepat dan jelas apa-apa saja yang dilakukan dalam Pemilu meskipun sudah memahami peraturan-peraturan yang ada. Sebagai buku saku tentunya padat informasi, mencakup kegiatan mulai dari perencanaan hingga penyelenggaraan Pemilu,” ujar Ibnu.

Hadir dalam pembahasan finalisasi buku saku pengawas pemilu luar negeri antara lain, Pimpinan Bawaslu, Endang Wihdatiningtyas, InspekturJenderal (Irjen) Kemlu, Ibnu Said, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenlu, Bambang Antarikso,  Kepala Biro Administrasi Bawaslu, Adhi Santoso, Kepala Bagian SDM Bawaslu, Roy Siagian, Pokja Pengawas Pemilu Luar Negeri antara lain, Umar Badarsyah, Teguh R. Tobing, Suyoto Herjan, Aan Djaman, Sugiri, Budiman Gultom, Dedi Supriyadi, Tenaga Ahli Bawaslu, Mulyadi dan Ahsanul Minan, serta Tim Asistensi Bawaslu.

Irjen Kemlu, Ibnu Said menjelaskan pula bahwa tujuan pembuatan buku saku adalah untuk memudahkan bagi pelaksanaan pengawasan dalam Pemilu dan mengharapkan dalam menyusun buku saku hendaknya mencermati apa saja yang bisa menimbulkan kecurangan-kecurangan dalam Pemilu dan menyamakan persepsi tentang arti pentingnya menyusun buku saku pengawas Pemilu Luar Negeri.

“Paling tidak bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan, agar Pemilu dapat berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber dan Jurdil),” harapnya.

Senada dengan Ibnu Said, Sekretaris Inspektorat Jendral Kemlu, Bambang Antarikso mengatakan bahwa dalam konteks pengawasan, buku saku yang baik adalah buku saku yang sifatnya praktis yang menjadi pedoman pengawasan Pemilu.

Penyusunan buku saku pengawas Pemilu luar negeri yang akan berlangsung hingga Sabtu (3/5) membahas Sistimatika Buku Saku Pengawas Pemilu Luar Negeri terdiri dari pendahuluan, pengawasan pemilu presiden dan wakil presiden di luasr negeri – pengalaman pengawasan tahun 2009 dan potensi masalah di 2014, manajemen penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, tugas dan kewajiban Panwas LN dalam pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Manajemen Pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Mekanisme Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Penguatan Manajemen Administrasi Panwas LN. 

 

Penulis    : Christina Kartika

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu