Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Ketua Bawaslu: Kerja Ikhlas, Kerja Cermat dan Kerjasama

Sen, 09/03/2015 - 12:48 -- falcao

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Kegiatan apel pagi di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Muhammad didampingi oleh Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, Senin (9/3). Apel pagi setiap awal minggu dilaksanakan untuk silaturahmi, selain itu digunakan untuk menyampaikan program kerja juga evaluasi serta sebagai bentuk kedisiplinan seluruh pejabat serta staf di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Ketua Bawaslu menyampaikan poin penting tentang etos kerja, yaitu kerja ikhlas, kerja cermat dan kerjasama.

“Mari kita mantapkan niat kita bekerja, kita meyakini bahwa bila kita memantapkan niat kita bekerja, baik sebagai pejabat, staf, tim ahli, tim asistensi, atau bahkan komisioner, niat itu kita luruskan dalam rangka mencari dan mendapatkan keberkahan dalam hidup,” ungkap Guru Besar Universitas Hasanuddin tersebut.

Motivasi kerja adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Semua agama pasti menyarankan untuk melakukan pekerjaan secara jujur, ikhlas dan disiplin.

“Niat bekerja kita luruskan dalam rangka mencari dan mendapatkan keberkahan dalam hidup,” lanjut Muhammad.

Pekerjaan akan menjadi mudah jika didalam diri kita sudah tertanam keikhlasan dalam bekerja, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Bawaslu Muhammad, bahwa bekerja adalah jihad atau ibadah kita kepada Allah SWT.

“Karena orang yang senantiasa memperbaiki niatnya semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT, disitu pasti ada pertolongan Allah”. Muhammad melanjutkan dengan mengutip sebuah ayat di dalam Al Quran Surat At-Thalaq ayat 2-3 , “Dan barang siapa bertakwa pada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar baginya. Dan Dia memberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Dia akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesunguhnya Allah melaksanakan urusanNya. Sungguh, Allah telah memberikan ketentuan bagi setiap sesuatu."

Selanjutnya Ketua Bawaslu RI Muhammad menambahkan, bahwa beliau yakin di dalam Alkitab maupun Kitab - Kitab agama lain juga memiliki ayat yang sama untuk memotivasi umatnya untuk bekerja ikhlas dan sungguh-sungguh. Di dalam suasana yang khidmat di pagi hari yang cerah, Ketua Bawaslu RI ingin menyentuh hati seluruh pejabat struktural dan staf yang mengikuti apel pagi dengan menyampaikan pentingnya bekerja ikhlas yang nantinya akan berdampak positif kepada hasil kerja.

“Jika kita niatkan hidup dan kehidupannya karena Allah, maka akan diberikan jalan keluar dari setiap problem yang dia miliki”, tambahnya.

Selain mendapat penghasilan atau gaji dan meningkatkan produktivitas kerja, Kita juga akan disukai oleh lingkungan kerja, baik itu teman sekerja maupun atasan bahkan di rumah sekalipun, sehingga masalah yang akan dihadapi bisa diselesaikan secara bersama, baik itu masalah di kantor maupun masalah di rumah. Banyak manfaat yang akan didapat jika kita bekerja secara ikhlas, antaranya adalah pekerjaan yang terlihat berat akan menjadi ringan karena dikerjakan dengan sepenuh hati dengan rasa ikhlas.

“Kalau kita serius dan diawali karena mencintai pekerjaan kita maka seberat dan serumit apapun masalah yang dihadapi, maka akan mudah terurai dan teratasi,” jelasnya.

Setelah kita bekerja ikhlas, bekerja cermat, maka tidak lupa kita harus bisa bekerjasama. Silaturahmi adalah roh dari kerjasama tim, dimana setiap individu yang terlibat memberikan segala daya dan upaya untuk sama–sama bekerja mencapai tujuan.

“Sehebat apapun seorang Ketua Bawaslu, seorang Komisioner Bawaslu, seorang Sekjen Bawaslu, seorang Kepala Biro dan seterusnya tanpa bantuan orang lain tidak mungkin menjalankan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik,” pungkas Muhammad.

 

Penulis          : Wisnu Broto