• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Komisi II DPR Apresiasi Bawaslu Gandeng Baznas Kawal Pilkada dan Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali memberikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah menunjukkan prestasinya mengadakan penandatangan nota kesepahaman bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang kredibel dalam pengelolaan zakat. Bawaslu memikirkan apa yang tidak dipikirkan oleh lembaga lain yaitu bekerja sama dengan Baznas.

“Yang tadinya tidak terpikirkan, tetapi oleh Bawaslu dipikirkan. Ini adalah langkah baik dengan menggandeng Baznas untuk  bersama-sama mengawasi Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu 2019. Oleh karena itu saya atas nama Pimpinan dan Anggota Komisi II DPR RI menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas upaya-upaya kreatif yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu tetapi masih dalam koridor undang-undang. Karena penyelenggara itu sebagaimana UU nomor 7 Tahun 2017 yaitu Bawaslu, KPU dan DKPP yang tugasnya menyelenggarakan pemilu yang sudah dipandu undang-undang,” puji Zainudin.

Komisi II DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap kerja-kerja yang telah dilakukan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu.

“Boleh kreatif, boleh berimprovisasi, tetapi tidak boleh lari dari panduan undang-undang. Kami memberikan dukungan penuh untuk itu, dan selama ini kami melihat bahwa apa yang dikerjakan teman-teman di  Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, Panwas Kabupaten/Kota sepanjang pemantauan kami di 171 daerah Pilkada masih berjalan on the track. Kalau ini dipertahankan terus sampai dengan akhir masa jabatan Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi/Kabupaten/Kota akan bisa menyelenggarakan Pemilu dengan baik,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Zainudin, Komisi II DPR sebagai pembentuk undang-undang dan juga sebagai masyarakat, berharap kepada penyelenggara pemilu yaitu Bawaslu, KPU dan DKPP agar pesta demokrasi yang dilakukan setiap lima tahun itu terselenggara dengan baik.

“Karena itu dibuatlah panduannya, baik itu UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada maupun UU Nomor 7 Tahun 2017. Sepanjang penyelenggara pemilu menyelenggarakan dalam koridor kedua aturan tersebut, mudah-mudahan tidak ada masalah dan pemilunya akan sukses,” harapnya.

 Penulis/Foto: Christina Kartika/Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu