Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

KPU Kabupaten Bekasi Tetapkan Pasangan Calon Terpilih Pilkada 2017

Kam, 16/03/2017 - 17:47 -- pratiwi eka putri

Bekasi, Badan Pengawas Pemilu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Terpilih Tahun 2017 di Aula Kantor KPU Bekasi, Rabu (15/3). Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tahun 2017 yaitu Neneng Hasanah Yasin dan Eka Supria Atmaja mendapatkan suara terbanyak yaitu 471.585 suara berdasarkan pleno rekapitulasi hasil perolehan dan penghitungan suara KPU Kabupaten Bekasi.

Komisioner KPU Kabupaten Bekasi sekaligus Koordinator Divisi Hukum Suhana mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun  2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada, penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan hasil perselisihan yang dilaksanakan kabupaten/kota sejatinya dilaksanakan pada tanggal 8-10 Maret 2017 namun  mengalami penundaan, pasalnya KPU Kabupaten Bekasi menunggu surat keterangan resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) dan surat resmi dari KPU RI yang menjelaskan tidak adanya gugatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bekasi. 

“Akhirnya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Terpilih Tahun 2017 bisa ditetapkan pada hari ini (Rabu, red) setelah sempat tertunda karena MK baru menerbitkan Surat Tidak Terdaftarnya Gugatan sejak 13 Maret 2017,” terang Suhana.

Suhana menjelaskan, hasil penetapan pasangan calon terpilih akan disampaikan kepada DPRD Kabupaten Bekasi. “Kami akan mengirimkan SK penetapan ke dewan,” jelasnya.

Penetapan pasangan calon terpilih ini berdasarkan pasal 54 Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2015 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan surat KPU RI nomor 225/KPU/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal keterangan MK tentang permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan yang telah diregistrasi.

 

Penulis/Foto: Christina/Erleine

Editor: Pratiwi