Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Laporan Seleksi CPNS Bawaslu RI Tahun 2014

Jum, 24/10/2014 - 18:34 -- falcao

Badan Pengawas Pemilu - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) melaksanakan Test Kompetensi Dasar (TKD) dengan Sistem Computer Asisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bawaslu RI Tahun 2014 di beberapa daerah di Indonesia.

Dari Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (23/10), dilaporkan pelaksanaan seleksi CNPS Bawaslu RI Tahun 2014 ini bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menyediakan aplikasi CAT UKG. Sebanyak 31 orang peserta mengikuti seleksi CPNS Bawaslu RI dengan menyelesaikan 100 soal TKD dalam waktu 1 jam 30 menit.

Kepala Sub Bagian Umum LPMP NTB, I Made Murta Astawa mengungkapkan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS Bawaslu RI di LPMP NTB secara teknis tidak ada kendala, karena sudah ada dua instansi yang melaksanakan seleksi sebelumnya sehingga kendala-kendala teknis yang berkaitan pelaksanaan ujian seleksi CPNS terkomputerisasi ini telah diselesaikan.

"Untuk seleksi CPNS Bawaslu RI kami pastikan sudah tidak ada kendala teknis dan proses ujian juga dilakukan pengawasan secara ketat karena ruangan dilengkapi CCTV,” ungkap Made.

"Proses seleksi dilaksanakan dengan sistem aplikasi komputer dan peserta sudah bisa langsung melihat hasilnya, sehingga seleksi ini kami jamin berlangsung transparan, akuntabel dan objektif", tambahnya.

Sebagai informasi, seleksi TKD CPNS Bawaslu RI di Mataram ini berlangsung dua sesi yang dimulai tepat pukul 08.00 WITA. Sebelum peserta dipersilakan menyelesaikan soal-soal ujian, terlebih dahulu dilakukan pengarahan teknis operasional aplikasi CAT dan try out oleh Tim LPMP CAT UKG Provinsi NTB yang dipimpin oleh I Made Murta Astawa.

Tim Supervisi Seleksi CPNS Bawaslu RI yang dipimpin oleh Pimpinan Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak Kepala Sub Bagian Pirgok, Staf Bagian SDM Bawaslu RI, Rannie Putri melakukan pendampingan terhadap Panitia Lokal Seleksi CPNS Bawaslu RI masing-masing Komisioner Bawaslu NTB, Syamsuddin, Kepala Sekretariat Bawaslu NTB, Lalu Rizizva Arista serta Kepala Sub Bagian Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu NTB, Lalu Mahrudin.

Sementara itu, dari Bandung dilaporkan  plaksanaan tes CPNS melalui ujian computer Assisted Test (CAT) berjalan lancar. Para peserta mengikuti ujian dengan antusias  walaupun terlihat wajah wajah mereka yang terlihat tegang, namun sedikitnya  mereka mampu mengerjakan soal soal ujian sesuai waktu yang ditentukan yaitu 90  menit. seleksi ujian calon CPNS di Bandung ini yang seharusnya diikuti sekitar 183 Orang, terlihat berkurang. karena dari kehadiran peserta tes tidak semuanya hadir yakni di SMAN 5 sebanyak 15 orang, SMAN 2 sebanyak 6 orang  dan SMPN 49  orang yang tidak hadir sehingga total yang tidak hadir mengikuti test sebanyak 30 orang dari total 183 orang peserta test.

Di Bandung ada 3 sekolah yang dijadikan tempat ujian peserta, yaitu di SMUN 2 Bandung, SMUN 5 Bandung dan SMPN 4 Bandung. Adapun test dilaksanakan  dari pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB hari karena dilakukan dengan 3 sesi dikarenakan peralatan komputer CAT yang terbatas. Dari hasil test yang dilakukan belum bisa di berikan pemberitahuan tertulis persoalan siapa yang lulus dan tidaknya, namun panitia sudah memberikan hasil ujian dengan nilai-nilai yang langsung tertera pada lembaran yang ditempelkan di mading sekolah.

Seleksi CPNS di Bandung dianggap berjalan lancar dan tak ada hambatan.  Komisioner Bawaslu RI Bapak Daniel Zuchron juga melihat dan memantau  langsung tempat kegiatan test berlangsung. Harapannya ujian ini berjalan dengan adil dan tidak berat sebelah karena sistem soal yang berbeda antara peserta yang satu dengan yang lain, sehingga bobot dan kualitas soal sama antara satu dengan yang lainnya.

Reporter : MZ/BS