• English
  • Bahasa Indonesia

Masyarakat Punya Peran Besar Sukseskan Pilkada

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan, masyarakat memiliki peran dan andil yang sangat besar dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu. Masyarakat berada paling depan bersama penyelenggara Pemilu dalam mengawal proses pelaksanaan Pilkada dan Pemilu nanti.

Menurut Abhan, peran masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2018 nanti tentunya sangat dinanti. Masyarakat bisa menjadi ujung tombak pengawasan partisipatif.

"Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Istilah ini yang harus didorong supaya masyarakat memahami betul bahwa gelaran Pilkada maupun Pemilu sesungguhnya pesta mereka (rakyat)," ujar Abhan saat menjadi pembicara dalam Launching Program "Rumah Demokrasi" (siaran langsung) yang digagas oleh stasiun TVRI, Jakarta, Jumat (12/1/2018) malam.

Sementara Direktur Politik Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri Bakhtiar menimpali bahwa rakyat harus menjadi garda terdepan dalam mengawal proses Pilkada. Rakyat, kata dia, memiliki peran yang sangat strategis dalam ikut mengawasi, mengawal dan menyalurkan hak pilihnya.

Selain rakyat yang menyandang peran penting dalam proses Pilkada, menurut Bakhtiar, pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah, kepolisian, TNI dan stakeholder lainnya harus juga bergandengan tangan ikut mengawal serta ambil peran dalam pesta demokrasi yang akan dilangsungkan di 171 daerah ini.

"Kemendagri yang mewakili pemerintah, kepolisian dan TNI yang menggawangi keamanan harus bergandengan tangan dengan penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu)," tegas Bakhtiar.

Intinya, sambung dia, Pilkada ini bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu. Ini tanggung jawab bersama. Baik tidak hasilnya, yang merasakan semua masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU RI Arief Budiman dan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu