• English
  • Bahasa Indonesia

Matangkan Persiapan Hadapi Pemilu 2019, Bawaslu, Polri, Kejagung Gelar Rakornas Sentra Gakkumdu

Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo bersama dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan dalam Rakornas Sentra Gakkumdu, di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan menggelar Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12/2018). Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi mengatakan forum ini sebagai tempat untuk menyamakan persepsi dan mematangkan persiapan dalam menghadapi Pemilu serentak 2019.

“Forum Rakornas ini digagas bersama untuk memberikan kesempatan bagi peserta dan pemantau Pemilu yang hadir menyampaikan masukan dan mengajukan pendapat terkait implementasi dan pengaturan tindak pidana Pemilu 2019,” lanjut Dewi saat menyampaikan sambutan.

Ia berharap forum Rakornas ini menghasilkan sesuatu yang lebih mematangkan persiapan Sentra Gakkumdu dalam menghadapi Pemilu Tahun depan, salah satunya terjalinnya komunikasi yang lebih erat sehingga ego sektoral tidak muncul diantara personil dari tiga Instansi ini.

Selain itu, mantan Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah ini mengatakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 cukup banyak mengatur norma baru yang berbeda dengan konsep tindak pidana Pemilu sebelumnya, dan Pemilu 2019 merupakan batu uji atas efeketivitas penerapannya terutama berkaitan dengn proses penegakan pemilu dengan in absentia.

“UU 7 Tahun 2017 ini tentunya ada beberapa pasal yang mengatur norma baru yang berbeda dari konsep penegakkan hukum Pemilu sebelumnya, oleh karenanya Pemilu 2019 batu uji yang harus dihadapi dengan penegakkan yang menganut rasa keadilan,” tegas Dewi.

Selain dihadiri Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo, Rakornas Sentra Gakkumdu ini turut dihadiri Ketua KPU RI Arief Budiman, Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswntoro, Jampidum Noor Rachmad, Kepala Satuan Tugas Nusantara Kepolisian, Irjen Pol Gatot Edi Pramono, Ketua Tim Pemenangan Nasional Capres dan Cawapres Nomor urut 01 dan 02, Bawaslu Provinsi, perwakilan seluruh Partai Politik peserta Pemilu 2019, dan para pemantau Pemilu.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu