• English
  • Bahasa Indonesia

Mendagri: Bawaslu Sudah Siap Awasi Pilkada 2018

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Menghadapi gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilu 2019 yang semakin dekat, Bawaslu melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (9/1/2018). Pertemuan membahas kerawanan Pilkada seperti politik uang, kampanye hitam, hingga netralitas ASN, TNI, dan Polri serta cara mengatasinya. Terhadap kerawanan tersebut, menurut Mendagri Pemerintah meyakini Bawaslu sudah siap dalam melakukan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2018.

"Pemerintah optimistis Bawaslu sudah siap," kata Mendagri usai pertemuan. Dalam pertemuan itu, dari pihak Bawaslu hadir pula Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro, Kepala Biro H2PI Ferdinand Eskol Tiar Sirait, dan Kepala Bagian Humas dan Antar Lembaga Hengky Pramono.

Ibarat pasukan perang, sambung Tjahjo, komando di Bawaslu sudah sampai pada tingkat paling bawah. Saat ini, jajaran Bawaslu telah terbentuk hingga level kecamatan. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan pelantikan Pengawas Pemilu ditingkat Kelurahan/Desa dan dilanjutkan bimbingan teknis.

Tjahjo menambahkan, dalam menghadapi Pilkada 2018 Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilaksanakannya konsolidasi bersama antara Bawaslu, KPU, Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung dengan melibatkan seluruh jajarannya masing-masing sampai tingkat kabupaten/kota. "Mudah-mudahan hal-hal yang diharapkan oleh Bapak Presiden bahwa kampanye ini bukan soal menang kalah tapi cari pmimpin yang amanah, mari kita adu program, konsep dari para calon yang ada. Mudah-mudahan akan bisa lancar," tandasnya.

Ketua Bawaslu, Abhan mengungkapkan Bawaslu-Kemendagri mengharapkan kampanye hitam tidak terjadi pada Pilkada 2018. Kompetisi yang diharapkan, adalah pasangan calon beradu ide atau program kedepan mengenai cara sejahterakan rakyat dan daerahnya. Bawaslu sendiri akan melakukan upaya-upaya pencegahan untuk mengantisipasi kampanye hitem seperti melakukan sosialisasi dan mendorong partisipasi masyarakat serta dengan melibatkan tokoh-tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

"Bagaimana bisa mendinginkan suasana kompetisi ini. Meskipun panas tetap harus dingin dan endingnya adalah damai," kata Abhan.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu