• English
  • Bahasa Indonesia

Muhammad : Jadikan Apa yang Kita Kerjakan Sebagai Kebutuhan dan Be Happy

Ketua Baawaslu RI, Muhammad bersama Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah dan Endang Wihdatiningtyas pada acara Pelatihan Kehumasan Bagi Sekretariat Jenderal Bawaslu RI dan Sekretariat Bawaslu Provinsi di Semarang, Kamis (28/7).

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI, Muhammad mengharapkan agar semua staf  Bawaslu di setiap tingkatan agar bisa bekerja dengan nyaman dan bahagia. Menurut dia, penting bagi semua staf untuk menjadikan tugas dan pekerjaannya sebagai sebuah kebutuhan.

 

“Untuk peserta, jadikan apa yang sedang kita kerjakan ini sebagai kebutuhan kita. Mau itu kehumasan, pelayanan informasi, jadikan sebagai kebutuhan. Memang kadang terasa tidak nyaman, tidak happy tapi kalau kita bisa jadikan itu sebagai kebutuhan maka nanti akan lebih ringan dan happy,” kata Muhammad pada acara Pelatihan Kehumasan bagi staf Sekretariat Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI, di Hotel Grand Candi, Semarang, Kamis (28/7).

 

Menurut dia, tugas kehumasan dan pelayanan informasi merupakan tugas penting. Lantaran Humas menjadi wajah lembaga dan bagian pertama yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, kerja kehumasan menurutnya harus dilakukan dengan keceriaan agar menghadirkan suasana yang menyenangkan dan memberikan citra positif bagi lembaga.

 

Pelatihan kehumasan yang terdiri dari pelatihan pelayanan publik, pelatihan penulisan pers, pelatihan fotografi, pengelolaan website dan pelatihan tentang Keterbukaan Informasi Publik  menurutnya merupakan pelatihan yang sangat strategis. Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas staf Humas di Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi.

 

“Kita kelola data dengan baik, kita layani masyarakat dengan baik dan jadikan kantor kita nyaman untuk dikunjungi,” ungkapnya.

 

Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas menambahkan,  peran kehumasan tidak hanya sebagai juru bicara. Namun humas diharapkan dapat menjadi gerbang utama dalam menyampaikan transparansi lembaga Bawaslu kepada publik. Salah satunya, melalui peningkatan pelayanan informassi melalui website dan optimalisasi fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang hingga saat ini dijalankan Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal.

 

“Ketika bicara kehumasan, tidak hanya bicara Humas sebagai sekedar jubir. Kita bisa meningkatkan transparansi lembaga melalui penguatan peran dan fungsi Humas,” ujar Endang.

 

Pada kesempatan  yang sama, Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah yang membawahi Divisi Humas dan Sosialisasi mengatakan, ilmu yang telah didapatkan staf Humas dari seluruh Bawaslu Provinsi harus diimplementasikan di daerah masing-masing. Lebih jauh, Nasrullah meminta ilmu kehumasan, jurnalistik, fotografi dan pembekalan keterbukaan informasi publik tersebut bisa disosialisasikan kepada staf-staf lainnya di sekretariat masing-masing.

 

 

Penulis/Foto : Ira Sasmita/Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu