• English
  • Bahasa Indonesia

Pastikan Pelanggaran Tak Terulang, Bawaslu Pantau PSU Pilkada Banten

Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron dan rombongan saat berkunjung di TPS 4 dalam rangka supervisi pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Provinsi Banten 2017 di 15 tempat pemungutan suara (TPS) Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (19/2).

Tangerang, Badan Pengawas Pemilu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 di 15 tempat pemungutan suara (TPS) Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (19/2).

 

PSU ini dilakukan atas rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten Tangerang yang sebelumnya mengadakan rapat pleno dengan Bawaslu Banten dan Panwas Kecamatan Teluknaga terkait terjadinya pelanggaran tercecernya formulir C1 di luar kotak suara tanpa persetujuan saksi pasangan calon dan pengawas pemilu saat membuka kotak suara yang dilakukan panitia pemungutan suara (PPS).

 

Dalam rangka memastikan PSU berjalan dengan lancar dan tanpa adanya pelanggaran lagi, Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron dan rombongan dari Bawaslu Provinsi Banten, Panwaslu Kabupaten Tangerang, dan Panwascam Teluknaga melakukan pemantauan langsung di beberapa TPS.

 

TPS 4 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 596 menjadi TPS pertama yang dikunjungi, lalu berikutnya TPS 3 dengan jumlah DPT 550, dan terakhir TPS 9 dengan jumlah DPT 427.

 

Seperti diketahui, jumlah DPT seluruhnya di 15 TPS yang melakukan PSU mencapai 7000. Hingga TPS ditutup pada pukul 13.00 waktu setempat, pemilih yang hadir meningkat dari sebelumnya (pemungutan suara 15 Februari 2017).

 

Hal ini bisa dilihat dari TPS yang menjadi pantauan pengawas pemilu. TPS 4 misalnya, dari jumlah DPT 596, yang mencoblos mencapai 372 pemilih dan ini meningkat dari pemungutan suara 15 Februari lalu dengan tingkat kehadiran pemilih tidak mencapai setengah dari jumlah DPT.

 

Lalu TPS 3 jumlah DPT 550 dengan tingkat kehadiran pemilih 340, kemudian TPS 9 dengan jumlah DPT 427 dengan tingkat kehadiran pemilih 226. Meningkatnya partisipasi masyarakat Desa Babakan Asem untuk memilih bisa dilihat dengan ramainya masyarakat untuk melihat berlangsungnya PSU disemua TPS.

 

Sementara dalam pengamanan gabungan TNI dan Polri disetiap TPS dilipatgandakan dari sebelumnya. Pada saat pemungutan suara 15 Februari lalu, pengamanan dari aparat Polisi hanya diturunkan tidak lebih dari 3 petugas. Dalam PSU ini petugas yang diterjunkan di setiap TPS mencapai 10 hingga 11 orang.

 

Kapolres Kota Tangerang, Hary Kurniawan dalam kesempatan ini menegaskan pola keamanan di setiap TPS disiagakan sebanyak 10 personil. Penambahan petugas kami di setiap TPS ini dilakukan agar pemungutan suara ulang ini berjalan aman tanpa adanya gangguan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

“kita siagakan personel gabungan yang dibantu TNI juga. Intinya, agar semuanya berjalan dengan lancar dan aman,.”ujar Hary.

Penulis: Irwan

Editor: Ali Imron

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu