• English
  • Bahasa Indonesia

Pemda Juga Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

Sumbawa, Badan Pengawas Pemilu – Pilkada merupakan bagian dari pembangunan  politik dan demokrasi di masyarakat kita. Pembangunan di bidang politik diharapkan dapat mengembangkan sistem politik nasional yang berkedaulatan rakyat, demokratis dan terbuka serta mengembangkan kehidupan partai yang tetap menghormati keanekaragaman aspirasi politik.

Hal ini dikatakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Ihsan pada Sosialisasi Tatap Muka kepada Stakeholders dan Masyarakat dalam rangka pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, di Gedung Wisma Kabupaten Sumbawa, Selasa sore (26/5).

‘’Keberadaan semua unsur pelaksana Pilkada memiliki peran yang sangat strategis bagi terselanggaranya pesta demokrasi yang bersih, berintegritas dan bebas dari korupsi,’’ ujarnya.

Dengan jadwal Pilkada yang begitu padat, mengharuskan segenap penyelenggara Pilkada untuk dapat bekerja keras, dengan penuh perhatian dan ketelitian. Berbagai aturan main harus benar-benar dipahami secara komperensif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk itu, melalui sosialisasi ini saya berharap persiapan pengawasan pemilihan Bupati dan Walikota tahun 2015 dapat menghasilkan Pilkada yang kondusif, berintegritas dan bebas dari korupsi. Hal ini dapat kita wujudkan dengan semangat kebersamaan,’’ tambah Ihsan.

Dalam Pilkada serentak yang diselenggarakan pada Desember nanti, diharakan ada kerjasama dan kontribusi antara penyelenggara dengan pihak terkait. Terutama dalam menjaga kondusifitas daerah agar tetap berjalan sesuai koridor.

‘’Jauhkan tindakan arogansi dan anarkis yang dapat mengganggu silaturahim kita yang sudah terjalin dengan baik selama ini,’’ harapnya.

Dikatakan, pendekatan yang baik kepada masyarakat itu perlu dilakukan, agar masyarakarat dapat berpartisipasi dalam agenda pembangunan maupun agenda demokrasi dengan santun, dan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan. Karena tanggungjawab Pilkada ini bukan semata hanya tugas KPU, Bawaslu atau Panwaslu, melainkan menjadi tanggungjawab bersama dengan seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita ikuti sosialisasi ini bersama, dengan harapan dapat ditindaklanjuti dan diaplikasikan agar Pilkada nanti berjalan dengan baik sebagaimana harapan kita bersama,” tutupnya.

 

Penulis                 : Irwan

Editor                    : Falcao 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu