Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Penetapan Paslon Terpilih Pilgub Gorontalo Tunggu MK

Jum, 10/03/2017 - 20:46 -- abdul hamid idrus

Gorontalo, Badan pengawas pemilihan Umum - Sejatinya tahapan penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo dijadwalkan untuk dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 10 Maret 2017, sedangkan untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Gorontalo adalah tanggal 11 s.d. 13 Maret 2017. Namun kini, penetapan Paslon terpilih tersebut harus ditunda akibat adanya sengketa perselisihan hasil pemilihan. Penetapan calon terpilih menunggu setelah adanya keputusan dismisal atau putusan Mahkamah Konstitusi di bacakan.

Karena penundaan hal tersebut kami akhirnya ke Kantor KPU Provinsi yang terletak di jalan Tina loga, kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bonebolango lalu kami bertemu Kabag teknis, Hukum dan Hubal Aniki Sulaiman meminta keterangan Perihal tertundanya tahapan penetapan Pasangan calon.

Menurut Aniki, masyarakat menganggap peserta pemilu itu ada yang tidak memenuhi sarat secara administrasi, sehingga mereka menginstruksikan kepada Saksi dari bawah sampai ketingkat komisi untuk tidak melaksanakan proses berita acara rekapitulasi.

Lalu ketika kami tanyakan kira kira kapan penetapan setelah ada putusan dari MK. Menurut Kasubag Hukum Bawaslu Provinsi Ibu Yanti disela lain kami wawancara setelah kami selesai dari Kantor KPU penetapannya yakni tiga hari setelah putusan MK.

“Kalo sesuai berita acara tata cara beracara di undang undang nomer 10 tentu ada syaratnya terkait sekian persen hasil selisih suara. Namun, mereka tetap mengajukan ke MK sekalipun melampaui Jauh perbedaan suara antara si pemenang dengan peserta pemilihan lain” ujarnya.

Jika melihat tahapan jadwal proses tingkat permohonan persidangan di MK mereka akan memeriksa apakah ini dismissal atau tidak kalo di anggap putusan dismissal maka setelah penetapan dari MK itu akan menetapkan calon terpilih pungkas Kabag Teknis Humas dan Hubal KPU Provinsi Gorontalo.

Penulis/Foto : Abdul Hamid Idrus

Editor : alfa