• English
  • Bahasa Indonesia

Penting, Keikutsertaan Mahasiswa Awasi Pilkada

Denpasar, Badan Pengawas Pemilu - Menghadapi Pemilihan Kepala daerah serentak Tahun 2018 serta Pileg dan Pilpres serentak tahun 2019, Bawaslu Provinsi Bali menggelar kegiatan  seminar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Gedung Pasca Sarjana Fisipol Universitas Udayana Bali, Rabu (14/2/2018). Sekitar 100 orang mahasiswa fisipol Universitas Udayana hadir dalam seminar tersebut.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar meminta mahasiswa tidak buta politik. Mahasiswa semestinya menjadi garda terdepan untuk ikut berperan dan ikut terlibat menjadi relawan pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 maupun Pilpres Tahun 2019 nanti.

Provinsi Bali akan mengadakan pemilihan Gubernur serta pemilihan Bupati/Walikota pada 2018. Fritz berharap peran serta dari mahasiswa untuk mengawal dan mengawasi dari pelaksanaan pesta demokrasi di Bali ini. “Kami sudah ada yang namanya pojok pengawasan di Bawaslu Provinsi, ayo datang dan kunjungi  pojok pengawasan untuk adik-adik mahasiswa belajar, berdiskusi tentang kepemiluan, belajar tentang demokrasi, kami tunggu disana,” ujar Fritz.

Peran mahasiswa dinilai penting. Salah satunya, karena mahasiswa adalah bagian dari kelompok masyarakat yang mempunyai hati nurani murni. “Kami berharap mahasiswa ikut secara aktif menjadi pengawas Pilkada serentak 2018 yang sebentar lagi ini, agar pelaksanaan pilkada serentak 2018 berlangsung secara jujur, adil dan demokratis,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra mengajak mahasiswa untuk menjadi bagian pengawas pemilu. Karena mahasiswa merupakan pemilih pemula yang nantinya dapat memberikan informasi awal terkait pelanggaran pemilu. Keterlibatan para mahasiwa untuk mengawasi Pilkada serentak 2018 sangat diperlukan untuk mengurangi terjadi pelanggaran-pelanggaran.

“Kami ajak mahasiswa untuk menjadi bagian dari pengawas pemilu, dimana secara formal bisa menjadi pengawas di TPS dan secara non formal menjadi pemberi informasi awal adanya pelanggaran pemilu, serta bentuk pengabdian dan hak konstitusi mahasiwa menjadi bagian dari pemilu berintegritas,” ujarnya.

Penulis dan Photo : Nurisman 

 

 

 

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung
Waktu:
Kamis, 22 Februari 2018 - 08:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Bawaslu Live Stream