• English
  • Bahasa Indonesia

Peran Stakeholders Sangat Penting Dalam Mengawal Proses Pemilu dan Pilkada

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) ataupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak luput dari peran para tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat, dan stakeholders lainnya. Atas pentingnya peran para tokoh agama, adat dan stakeholder lainnya tersebut, menggerakkan Bawaslu untuk mempererat hubungan kerjasama dalam menyongsong akan dilaksanakannya Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019.

 

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam kunjungan Bawaslu ke kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jalan. Cut Mutia 10, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2017). Abhan menambahkan, dalam rangka mengawal dan mengawasi proses Pemilu dan Pilkada kedepan, Bawaslu tidak sanggup jika harus berdiri sendiri. Oleh karenanya kerjasama, partisipasi, serta koordinasi dan sinergitas dari para tokoh agama, adat, organisasi masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya sangat dibutuhkan.

 

“Intinya, Bawaslu tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan atau kerjasama dengan pihak lain terutama para tokoh agama dalam mengawal proses Pemilu dan Pilkada yang lebih besar,”lanjut mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah itu.

 

Menurut Abhan, jika ditelisik lebih kedalam, Pemilu ataupun Pilkada merupakan proses demokrasi yang melibatkan banyak pihak. Peran stakeholder akan mewujudkan pilkada yang bermartabat dan damai serta menghasilkan pemimpin yang amanah.

 

Hal senada diungkapkan oleh Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin. Dia mengatakan, Bawaslu perlu kerjasama dengan para tokoh agama yang menjadi salah satu aktor penting dalam mengawal proses Pemilu dan Pilkada.  Afif mengharapkan, dengan semakin eratnya hubungan kerja sama Bawaslu dengan para tokoh agama, adat dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengawal pelaksanaan Pemilu ataupun Pilkada dapat memupuskan isu-isu SARA yang selama ini kerap terjadi, terutama pada Pilkada DKI Jakarta kemarin.

 

Selama ini kata Afif, jika terjadi benturan atau isu SARA yang terjadi di kalangan masyarakat yang dapat menenangkan salah satunya para tokoh agama. Oleh sebab itu, Bawaslu akan bekerja sama terus dengan para tokoh agama apapun.

 

Kedepan, lanjut Afif, Bawaslu akan mengajak keterlibatan para tokoh agama dan organisasi keagamaan dalam menysukseskan Pemilu dan Pilkada yang akan datang.

 

Hal serupa juga disampaikan Anggota Bawaslu RI lainnya, Rahmat Bagja. Ia mengharapkan dengan terjalinnya kerja sama ini dapat menghasilkan Pemilu dan Pilkada yang baik. Isu-isu SARA yang terjadi kemarin pada Pilkada DKI semoga tidak terulang pada Pilkada kedepan.

 

“Masyarakat Indonesia ini ingin pelaksanaan Pemilu dan Pilkada berjalan damai. Jadi, isu-isu SARA cukuplah hanya terjadi di Pilkada DKI kemarin,” ujar dia.

 

Sementara, Sekretaris Kerasulan Awam KWI, Romo Guido Suprapto Projo menganggap pentingnya kerjasama Penyelenggara Pemilu dengan KWI dalam mengawal proses Pemilu dan Pilkada. Menurut dia selama inipun KWI cukup aktif dalam mengawal proses pemilu walaupun masih perlu diperdayakan dalam sektor lainnya.

 

Pada kesempatan ini juga, dia menyampaikan bahwa KWI telah menyosialisasikan bagaimana umat Katolik menyikapi persoalan Pemilu dan Pilkada. Tujuannya tentu untuk memberikan dukungan dan dorongan serta terlibat aktif sebagaimana mestinya dalam menysukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

 

Dia juga berharap dengan adanya kerja sama dengan Bawaslu dapat mewujudkan proses pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik.

 

Dengan kerap terjadinya isu SARA yang dicampurkan dengan urusan Pilkada, Romo Guido memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang mengganggu jalannya Pilkada. Jadi, lanjut dia, kerjasama Bawaslu dan KWI ini tentunya mempunyai peran dan kepentingan yang sama dalam mewujudkan isu SARA tidak terulang lagi pada Pemilu ataupun Pilkada kedepan.

 

Selain itu, ia mewakili Ketua KWI dan Sekretaris lainnya ingin berpesan kepada Bawaslu untuk menjadi penyelenggara pemilu yang proporsional, terbuka, dan netral dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pemilu/Pilkada kedepan dengan harapan Pemilu/Pilkada berjalan baik.

Penulis/foto: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu