• English
  • Bahasa Indonesia

Pilkada Serentak Gelombang III Akan Digelar 27 Juni 2018

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Komisi II DPR RI dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Bawaslu RI dan KPU RI memutuskan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 dengan rincian 17 Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, 115 Pemilihan Bupati/Wakil Bupati, dan 39 Pemilihan Walikota/Wakil Walikota akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018.

“Salah satu kesimpulan RDP ini yaitu Pilkada serentak 2018 akan dilangsungkan pada tanggal 27 bulan Juni 2018,” ujar Anggota yang mewakili Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Fandi Utomo yang menjadi Pimpinan Rapat, di Ruang Rapat Komisi II DPR RI, Jakarta, Selasa (25/4).

 

Fandi Utomo menegaskan, Komisi II DPR RI pada prinsipnya sudah setuju tanggal 27 Juni 2018 sebagai tanggal pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018.

 

Sebelumnya dibahas terkait penentuan tanggal Pilkada 2018. Ketua KPU RI Arief Budiman mengusulkan beberapa alternatif tanggal pada bulan Juni 2018. “Kami usulkan tanggal 6, 13, 20, dan 27 Juni 2018. Namun tanggal 27 Juni kami kira tanggal yang pas karena tanggal tersebut pasca Lebaran Idul Fitri 2018,” kata Arief.

Kesimpulan lainnya yang disepakati bersama antara Komisi II DPR, Bawaslu RI, dan KPU RI yaitu:

  1. Komisi II DPR RI mendorong KPU dan Bawaslu untuk segera mempersiapkan instrumen peraturan yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dengan melakukan penyempurnaan terhadap hal-hal yang perlu perbaikan terhadap evaluasi pelaksanaan Pilkada Serentak yang lalu.
  2. Komisi II DPR RI akan mengagendakan rapat konsultasi dalam forum RDP terkait pembahasan Rancangan Peraturan KPU (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).
  3. Secara khusus Komisi II DPR RI setuju untuk melakukan pembahasan lampiran PKPU terkait jadwal dan tahapan Pilkada serentak 2018.
  4. Komisi II DPR RI meminta kepada KPU dan Bawaslu untuk melakukan evaluasi anggaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 agar asas efisien dan efektif dapat terpenuhi.
  5. Komisi II DPR RI akan mengagendakan RDP bersama KPU, Bawaslu, dan emerintah terkait kesiapan e-KTP dan anggaran Pilkada serentak 2018.

 

Penulis/Foto: Irwan

Editor: Pratiwi

 

 

 

 

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu