• English
  • Bahasa Indonesia

PTTUN Medan Janji Percepat Putusan Pilkada Siantar

Ketua PTTUN Medan Bambang Edy Susanto S beserta jajaran hakim tinggi PTTUN Medan menerima audiensi Pimpinan Bawaslu Nelson Simanjuntak serta Pimpinan Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan dan hardi Munthe serta jajaran Bawaslu Sumut

Medan, Badan Pengawas Pemilu –  Pengadilan Tinggi Tata Usaha Medan memastikan mempercepat proses  putusan sengketa Pilkada Siantar pada tahun 2015 lalu. Kepastian percepatan putusan sengketa itu menyusul audiensi jajaran Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Sumut dengan  Ketua PTTUN Medan dan jajaran hakim tinggi PTTUN Medan di kantornya, Selasa (14/6).

 

“Perkara gugatan pilkada siantar dalam disposisi saya sudah diprioritaskan. Mudah-mudahan dalam satu bulan ini (putusan) sudah kelar (selesai),” kata Ketua PTTUN Bambang Edy Susanto S saat menerima audiensi Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak, Ketua dan Pimpinan Bawaslu Sumut  Syafrida R Rasahan dan Hardi Munthe.

 

Penegasan Ketua PTTUN Bambang menanggapi Pimpinan Bawaslu Sumut Hardi Munthe. Dikatakan, nasib Pilkada Kota Siantar tahun 2015 lalu menjadi berlarut-larut dikarenakan gugatan satu pasangan calon yang digugurkan KPUD setempat di PTUN dan berlanjut ke PTTUN. Kota Siantar menjadi satu-satunya daerah dari 269 daerah yang seharusnya sudah selesai pilkadanya  pada tahap I tahun 2015 lalu. Namun hingga bulan Juni 2016 belum dilaksanakan.

 

“Kami tidak ingin sedikitpun masuk substansi sengketa, apapun putusannya kami berharap segera ada keputusan sehingga status Pilkada siantar  menjadi jelas,” kata  Hardi Munthe menjelaskan maksud audiensi Bawaslu. 

 

Hal serupa juga disampaikan Pimpinan Bawaslu  Nelson Simanjuntak.  Dikatakan, persoalan Pilkada Kota Siantar menjadi perhatian nasional karena berlarutnya putusan sengketa PTTUN.  Disisi lain masyarakat Kota Siantar tidak mempunyai pemimpin definitif sehingga pembangunan di Kota Siantar terhambat.  

 

“Saya sudah ketemu dengan beberapa stakeholder dari Kota Siantar. Ada keresahan ditengah-tengah masyarakat Siantar karena sampai saat ini belum ada pilkada dan belum ada pemimpin definitif disana,” kata Nelson.

 

Sebagaimana diketahui berlarut-larutnya Pilkada Siantar dikarenakan proses gugatan banding di PTTUN Medan oleh satu pasangan calon belum selesai.  Menurut Ketua PTTUN Medan Bambang, majelis hakim yang ditunjuk  saat ini sedang mempelajari dan memeriksa berkas. Perkaranya baru masuk kurang dari 3 minggu yang lalu sementara PTTUN mempunyai batas waktu penyelesaian selama 3 bulan.

 

“Batasan kami sebenarnya tiga bulan  tapi majelis hakimnya sudah memastikan akan segera membuat keputusan,” ujar Bambang.

 

Audiensi Bawaslu Provinsi Sumut dengan PTTUN Medan, dihadiri seluruh hakim tinggi PTTUN, jajaran panitera dan juru sita PT.TUN. Ketua PTTUN Medan sangat mengapresiasi langkah Bawaslu Sumut yang melakukan audiensi dengan PTTUN. Menurut Ketua Bawaslu Sumut Syafrida, audiensi  resmi  tersebut merupakan pertamakalinya sejak terbentuknya Bawaslu Sumut.

 

“Kami sangat gembira, PTTUN Medan menanggapi audiensi Bawaslu. Kedepannya mungkin Bawaslu bisa bekerjasama dengan PTTUN untuk memberikan pelatihan membuat risalah siding kepada panwas kami dan jajaran Bawaslu,” kata Syafrida.

 

Penulis : raja monang silalahi

Foto : raja monang silalahi 

 

 

Ketua PTTUN Medan Bambang beserta jajaran Hakim Tinggi PTTUN Medan menerima audiensi Bawaslu Sumut
Foto bersama jajaran PTTUN Medan dengan Bawaslu Sumut
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu