Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Rahmad Bagja Pantau Proses Seleksi Panwas se-Sulawesi Selatan

Sen, 17/07/2017 - 08:41 -- Muhtar
Anggota Bawaslu Ri Rahmat Bagja memantau ujian tertulis tes seleksi Panwas Panitia Pengawas Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan di SMP DDI Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (16/7)

Maros, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja memantau langsung proses seleksi tes tertulis Panwas Kabupaten/Kota Zona I yang dilaksanakan di SMP DDI Maros, Minggu (16/7) .  Sebelum pelaksanaan tes, tim supervisi Bawaslu RI terlebih dulu membuka segel dus yang berisi naskah soal sebanyak 8 amplop, naskah soal cadangan sebanyak 2 amplop, lembar jawaban sebanyak 7 amplop, lembar jawaban cadangan sebanyak 1 amplop, dan kunci jawaban sebanyak 1 amplop yang semuanya masih dalam kondisi tersegel dan selanjutnya diberikan kepada tim seleksi disaksikan oleh para saksi dari tiap perwakilan ruang ujian.

 

Setelah memantau proses seleksi, Rahmat Bagja, juga menyaksikan pemusnahan naskah soal dan cadangan serta lembar jawaban cadangan.

 

Sebanyak 166 eksemplar naskah soal yang terpakai, naskah soal cadangan 3 eksemplar, lembar jawaban tidak terpakai sebanyak 3 eksemplar, naskah soal cadangan 5 eksemplar, dan lembar jawaban cadangan 5 eksemplar juga disaksikan tim seleksi, tim supervisi dan peserta seleksi. “Pemusnahan dimaksudkan untuk menjaga netralitas dan menghindari penyalahgunaan naskah soal seleksi pengawas pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota” ujar Bagja.

 

Pelaksanaan tes Panwas Se-Sulawesi Selatan dilaksanakan secara serentak dalam empat zona. Pelaksanaan tes seleksi Panwas Kabupaten/Kota zona I terdiri dari Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Gowa dan Takalar.

 

Zona II terdiri dari Kota Parepare, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pinrang, dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Kota Parepare.

 

Selanjutnya Zona III terdiri dari Kota Palopo, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, yang dilaksanakan di Kampus Cokrominoto Kota Palopo.

 

Zona IV yakni Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kepulauan Selayar, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bone, dilaksakan di Sekolah Tinggi Perguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Bulukumba.

Penulis dan Photo: Muhtar

Editor: Ali Imron