• English
  • Bahasa Indonesia

Rahmat Bagja: Pengawasan Partisipatif Harus Ditingkatkan

Bandung, Badan Pengawas Pemilu -  Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, satu inti dari pengawasan partisipatif yaitu memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk mengawasi jalannya Pilkada. Hal tersebut disampaikan Rahmat saat memberikan sambutan di acara Bawaslu Jawa Barat (Jabar) Award   2017  sekaligus acara  Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Persiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 di Wilayah Jabar yang dilangsungkan di Hotel harris & Convention Bandung, Jabar, Kamis (27/4) malam.

Seperti diketahui, pada Pilkada  2018 nanti akan dilangsungkan  di 171 daerah yang tersebar  di wilayah Indonesia. Jabar   sendiri   menjadi   satu   dari   beberapa   provinsi   yang   akan   melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 nanti. Dinobatkan   sebagai   salah   satu   Provinsi   raksasa   yang   akan   Pilgub   nanti,   Rahmat meminta partisipasi masyarakat Jabar untuk mengawasi jalannya Pilkada Jabar nanti.

"Masyarakat Jabar ini jangan cuma ikut aktif memantau Pilkada DKI 2017 kemarin melainkan juga harus aktif dalam memantau dan mengawasi Pilkada di Jabar 2018 nanti," ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu tersebut.

Menjelang Pilkada 2018  yang kurang lebih menyisakan 1 Tahun 1 bulan lagi, Rahmat meminta kepada jajaran Bawaslu Jabar hingga Panwas kabupaten/kota diwilayah Jabar untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dengan melibatkan unsur masyarakat dan stakeholders. Melihat pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019 yang dianggap beriringan karena   waktunya berdekatan,   pria  asal  Medan   ini mencanangkan   bahwa tugas pengawas pemilu belum selesai.

“Kepada saudara-saudaraku Panwas kabupaten/kota, saya ingatkan bahwa tugas kita belum selesai. Tugas yang lebih berat (Pilkada 2018, Pemilu 2019) telah menanti,” tegas dia.

Dalam mengawal Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Rahmat juga mengharapkan adanya kerja sama yang baik antar pihak. Partisipasi dari pemerintah daerah, DPRD, Kapolda, masyarakat, dan stakeholder lainnya tentu menjadi keniscayaan.

Pilkada   dan   Pemilu,   lanjut   Rahmat   bukan   hanya   tugas   penyelenggara   dalam mewujudkan Pilkada dan Pemilu berjalan baik. Menurut dia, partai politik dan peserta pemilu mempunyai andil yang sama. "Sebenarnya Parpol dan peserta pemilu ini salah satu garda terdepan dalam mewujudkan pemilu yang demokratis. Untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis kita semua harus optimis, saling asah, saling asih, dan saling asuh antar pihak terkait,” tutup Rahmat.

 Penulis/Foto: Irwan
Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu