• English
  • Bahasa Indonesia

Rayakan HUT Kedelapan, Bawaslu Gelar Tes Urin

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ada yang berbeda dari perayaan ulang tahun Bawaslu pada tahun ini. Jika biasanya perayaan ulang tahun berbentuk perayaan seremonial, di perayaan ulang tahun kedelapan ini, Bawaslu justru menghadirkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta. Bertempat di lapangan kantor Bawaslu, Selasa (12/4), para pejabat struktural beserta seluruh pegawai Bawaslu RI menjalani tes urin bebas narkoba.

 

Dikatakan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro dalam apel khusus sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu pada Selasa (12/4), ada dua tantangan yang sedang diperangi oleh Indonesia, yaitu korupsi dan narkoba. Sebagai lembaga negara, kata Gunawan, Bawaslu harus menjadi contoh bagi lembaga lainnya yang tidak ada satupun pejabat maupun stafnya yang menjadi pecandu maupun pengedar narkoba.

 

“9 April merupakan hari lahirnya Bawaslu. Dengan momentum ini, kita buktikan bahwa Bawaslu memang lembaga yang bisa dipercaya oleh masyarakat, salah satunya dengan menjadi lembaga yang bersih dan bebas dari narkoba,” kata Gunawan.

 

Gunawan menegaskan, Bawaslu harus menjadi lembaga yang benar-benar kredibel dalam menyukseskan Pemilu di Indonesia. Ia tidak ingin lembaga ini tercoreng hanya karena ada pejabat maupun pegawai yang menggunakan narkoba.

 

Gunawan juga menyayangkan banyak para pejabat yang tersandung dalam kasus narkoba. “Apalagi baru-baru ini ada satu yang luput dari kita yakni lolosnya bupati hasil dari Pilkada serentak 2015 di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan dari pemeriksaan narkoba. Hal seperti ini jangan sampai terulang lagi,” tegasnya.

 

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta Iwan A. Ibrahim mengatakan, narkoba sudah menjajah Indonesia sehingga harus diperangi bersama. Iwan mengapresiasi langkah Bawaslu yang berupaya untuk memerangi narkoba dengan menjalani tes urin tersebut.

 

“Jika memang terdapat pengguna narkoba di lingkungan Bawaslu maka akan kami serahkan ke pihak sekretariat jenderal langkah selanjutnya seperti apa. Jika ternyata merupakan pecandu yang parah maka akan dibawa ke BNN untuk ditindaklanjuti. Intinya dari pemeriksaan urin ini ingin membuktikan pada publik bahwa Bawaslu bebas dari narkoba,” pungkasnya.

 

Dalam perayaan ulang tahun ini juga digelar pemotongan tumpeng sekaligus penampilan dari band Bawaslu.

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Irwan

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu