• English
  • Bahasa Indonesia

Ribuan Pemilih Pemula di Maluku Siap Ikut Awasi Pemilu

Ambon, Badan Pengawas Pemilu - Pemilih pemula memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan pilkada dan menentukan nasib daerah kedepannya. Ketua Bawaslu, Abhan berharap Gerakan Seribu Pemilih Pemula dalam rangka pengawasan partisipatif pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Provinsi Maluku Tahun 2018 yang diselenggarakan di Ambon, Rabu (18/4/2018) dapat menjadi motivator dan inisiator agar bisa melakukan gerakan tolak politik uang, tolak politisasi SARA dan tolak golput.

“Kami berharap agar dapat diwujudkan dan bersama pengawas pemilu mengawal pilkada di Provinsi Maluku menjadi lebih baik,” kata Abhan di depan sekitar 2.000 orang pemilih pemula yang hadir pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Abhan mengungkapkan politik uang adalah kejahatan luar biasa yang merusak demokrasi. Menurutnya, penyebab adanya pejabat atau kepala daerah yang korupsi diawali oleh politik transaksional. Akibatnya, hal yang terpikirkan ketika menang dalam pemilihan atau pemilu adalah cara untuk mengembalikan uang yang telah digunakan untuk politik transaksional.

“Apakah mau menggadaikan masa depan Maluku lima tahun ke depan hanya karena politik uang? Maka semuanya ada ditangan siswa-siswi pemilih pemula. Hanya sekitar lima menit waktu di TPS bagi pemilih pemula untuk menentukan masa depan Maluku,” ujar mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah itu. Ia berharap pemilih pemula memberikan suaranya secara rasional, bukan karena paksaan atau politik uang.

Selain menggaet pemilih pemula, Bawaslu juga memperluas jaringan komunitas masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan atau pemilu. Bawaslu memiliki program gerakan pengawasan partisipatif yaitu mendorong seluruh masyarakat untuk berpartisipasi.

 “Pemilihan ini adalah hajatan bangsa Indonesia bukan hanya hajatan penyelenggara pemilu. Maka perlu partisipasi dari masyarakat. Semuanya bertanggung jawab menjaga demokrasi ini,” ujarnya.

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu