• English
  • Bahasa Indonesia

Sri Wahyu Ananingsih: Bukan Hanya Mewujudkan Pemilu Berintegritas, Tetapi Juga Adil

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu -  Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Periode 2017-2022, Sri Wahyu Ananingsih menyampaikan bahwa visi yang dimilikinya adalah tidak hanya mewujudkan Bawaslu sebagai lembaga pengawas yang kredibel dalam penyelenggaraan pemilu yang berintegritas, namun juga yang adil. “Terwujud satu lembaga pengawas yang benar-benar krediel, punya satu kualitas, kapasitas tertentu dan juga satu kekuatan untuk mendukung penyelenggaraan pemilu yang berintegritas dan adil,” kata Sri Wahyu dalam uji kepatutan dan kelayakan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4).

 

Dosen Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ini mengungkapkan dalam mendukung hal tersebut maka mesti dilakukan upaya-upaya serius dalam meningkatkan kredibilitas pengawas, baik dalam bidang pengawasan, penanganan pelanggaran, maupun penyelesaian sengketa. Bawaslu dikatakannya juga perlu memperkuat sistem pengawasan dengan mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang ada dengan lakukan pencegahan.

 

“Meski ada satu upaya utamakan pencegahan, tetapi tidak tutup kemungkinan lembaga ini lakukan penanganan-penanganan pelanggaran, baik administrasi, pidana, maupun sengketa pemilihan,” ujarnya.

 

Peningkatan koordinasi dan komunikasi secara intensif menurutnya wajib dilakukan secara intensif dengan instansi terkait untuk mendukung kerja-kerja Bawaslu. “Dilakukan secara intensif, terus  menerus dan berkesinambungan. Tidak hanya dari instansi pemerintah, tapi juga bisa dengan swasta dan juga Sentra Gakkumdu,” paparnya. Perluasan jaringan, sambung Sri Wahyu, juga mesti dilakukan dalam mengoptimalkan partisipasi masyarakat untuk lahirnya pengawasan yang efektif.

 

Terakhir, ia mendorong adanya peningkatan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. “ Saya merasa saat ini Bawaslu belum begitu intensif lakukan kerjasama dengan Pendidikan Tinggi. Ini perlu, karena dari lembaga-lembaga ini, terdapat SDM, pemilih-pemilih pemula yang potensial dan idealisme tinggi dimana mareka punya idealisme dan kreativitas,” imbuhnya. Dengan kerjasama yang dilakukan, menurut Sri Wahyu akan sangat bermanfaat bagi Bawaslu.

Penulis: Haryo

Foto: Zain/Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu