• English
  • Bahasa Indonesia

Stakeholder Jambi Rumuskan Permasalahan Jelang Pilkada

Salah seorang peserta menyampaikan pendapat terkait dengan permasalahan dan rekomendasi jelang pelaksanaan pemilihan gubernur di Provinsi Jambi Tahun 2015 dalam Rapat Koordinasi Stakeholders dalam Rangka Pendidikan Pengawasan Partisipatif, Selasa (23/11).

 

Jambi, Badan Pengawas Pemilu – Sebanyak 120 peserta Rakor Stakeholders Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Jambi yang berasal dari unsur penyelenggara pemilihan, pemerintah, aparat keamanan, partai politik, tim pemenangan, media massa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta pemilih pemula, merumuskan berbagai permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan Pemilu di Provinsi Jambi, Selasa (23/11). menghasilkan rekomendasi guna menghadapi Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Tahun 2015 maupun Pemilu di masa yang akan datang.

Hasil diskusi diberikan kepada Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Fauzan Khairazi dalam acara penutupan Rapat Koordinasi Stakeholders dalam Rangka Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Hotel Aston Jambi pada hari yang sama.

Dalam paparannya, Ketua Bawaslu RI Muhammad mengajak masyarakat Jambi untuk peduli dengan setiap tahapan Pemilu khususnya Pilkada dengan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran. Pasalnya, kata dia, Indonesia menjalankan pemerintahan dengan prinsip-prinsip demokrasi yang ditandai dengan adanya pemilihan umum oleh rakyat. Namun, sambung Muhammad, tidak ada jaminan pelaksanaannya bisa demokratis. 

“Di tangan saudara-saudara yang menjadi peserta rapat hari ini lah, Pilkada di Jambi bisa berjalan dengan baik. Kita sendiri yang menentukan siapa pemimpin daerah maka mari kita kawal bersama,” ujar Muhammad.

Ditambahkan Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah, Pemilihan ini menjadi sarana kedaulatan rakyat sehingga rakyat juga berperan dalam pengawasan pelaksanaannya. Nasrullah meminta para peserta untuk turut serta menjadi mitra pengawas dalam mengawasi jalannya Pemilihan. “Keterbatasan kewenangan Bawaslu dalam mengawasi ini perlu didukung oleh seluruh masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan. Melalui pengawasan partisipatif inilah kita bisa mewujudkan Pilkada yang memang sesuai harapan bersama,” kata Nasrullah.

Sementara itu Kepala Kepolisian Daerah Jambi Brigjen Pol Lutfi Lubihanto memastikan pihaknya juga siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada. “Kami berupaya maksimal untuk menjamin setiap hak masyarakat  sebagaimana mestinya sesuai dengan agenda KPU,” pungkasnya.

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Abdul Hamid

Editor: Deytri Aritonang

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu