Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Tahun 2016, Bawaslu Akan Terus Kembangkan Program Khusus

Kam, 15/10/2015 - 21:08 -- ali imron
Rapat Kerja Penelitian dan Reviu Penyusunan RKA-K/L Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahun 2016 di Hotel Santika Priemer, Jakarta. Kamis (15/10).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro mengatakan tahun 2016 adalah tahun untuk membangun jajaran pengawas Pemilu menjadi lebih baik. Anggaran Tahun 2016 adalah amanah negara kepada lembaga pengawas Pemilu untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pengawasan dan penegakan hukum Pemilu.

“Tugas pengawas Pemilu adalah melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu. Apa yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan adalah untuk membuat rakyat semakin percaya dan optimis terhadap pengawas Pemilu,” ujar Gunawan sebelum penutupan kegiatan Rapat Kerja Penelitian dan Reviu Penyusunan RKA-K/L Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahun 2016 di Hotel Santika Priemer, Jakarta. Kamis (15/10).

Gunawan manambahkan, sebelumnya program pengawasan Pemilu partisipatif pada Pemilu legislatif dan Pemilu presiden tahun 2014 telah mampu meningkatkan kualitas Pemilu di Indonesia. Untuk mendukung pemilihan kepala daerah tahun 2017, di awal tahun 2016 nanti program-program khusus seperti sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dan membangkitkan semangat pemilih pemula akan terus dikembangkan. Hal ini dirasa sangat penting bagi Bawaslu RI untuk melakukan evaluasi perencanaan tahapan dan program-program kegiatan secara sistematis.

Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah menambahkan, secara khusus divisi sosialisasi Humas dan Kerjasama antar lembaga pasca pertemuan ini, bersama Sekjen, para Kasek dan komisioner yang membidangi dalam waktu dekat akan berkumpul kembali. Dalam pertemuan itu, nantinya akan mendesain pola program tahun 2016 menyusuaikan sekaligus menyusun program dana kegiatan di tahun 2016 baik Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi.

Nasrullah berharap di tahun 2016 nanti, pengawas Pemilu mempunyai strategi khusus yang digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2017.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu RI Muhammad juga mengatakan bahwa Pilkada 2015 merupakan ujian pertama pengawas Pemilu dalam melaksanakan tupoksi pengawasan pemilihan serentak. Keberhasilan Pilkada tergantung pada kinerja pengawas Pemilu. Ia menghimbau kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk selalu menjaga marwah lembaga pengawas Pemilu dalam segala aspek.

“Kita (pengawas Pemilu) yang telah mewakafkan diri untuk mengabdi di lembaga pengawas Pemilu, harus terikat untuk menjaga marwah ini,” Ujarnya.

Penulis/Foto : Muhtar