• English
  • Bahasa Indonesia

Tahun Anggaran 2015, Bawaslu Targetkan Opini WTP

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Badan Pengawas Pemilu menargetkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam memenuhi kewajiban penyelenggaraan akutansi dan laporan pertanggungjawaban atas keuangan di Tahun Anggaran 2015. Target WTP merupakan upaya Bawaslu untuk memenuhi komitmen dalam menghasilkan laporan keuangan tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran tahun 2015.

"Kami akan menargetkan hasil pemeriksaan untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," kata Ketua Bawaslu Muhammad pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Badan Komisi II DPR RI membahas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2014 di Gedung DPR RI, Kamis (20/8).

Pada kesempatan tersebut, Muhammad memaparkan  pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara TA 2014 kepada Komisi II DPR RI. Sebagai laporan hasil pertanggungjawaban keuangan atas pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2014.

Realisasi pelaksanaan anggaran pada TA 2014 lebih banyak digunakan untuk pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 yang berlangsung satu putaran. Anggaran pada tahun 2014 juga direalisasikan untuk pengurangan masa kerja Panwascam dan PPL yang semula sembilan bulan menjadi delapan bulan, pengelolaan keuangan baik di satuan kerja Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Pusat dan Kelembagaan Pengawawas Pemilu Kabupaten/Kota yang masih bersifat ad hoc.

Hasil laporan keuangan tersebut, lanjut Muhammad,   telah disampaikan kepada menteri keuangan selaku pengelola fiskal dan di periksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dari audit yang dilakukan BPK, Bawaslu memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) TA 2014.

Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman meminta agar Bawaslu segera menyelesaikan permasalahan yang menjadi temuan BPK atas hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan tahun 2014. Politisi dari Partai Golkar itu juga meminta Bawaslu menunjukkan komitmen untuk lebih meningkatkan kinerja dalam tata kelola keuangan dan administrasi agar di tahun tahun mendatang mendapatkan WTP.

“Saya berharap atas peryataan Bawaslu untuk menargetkan predikat WTP dapat terealisasi ,”ujar Rambe.

 

Penulis : Hendru Wijaya

Editor : Ira Sasmita

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu