• English
  • Bahasa Indonesia

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Bangun Kampung Pengawasan di Asahan

Asahan, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI, Abhan meresmikan Kampung
Pengawasan Pemilu 2019 di Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Senin (19/11/2018). Pembentukan Kampung Pengawasan Pemilu adalah konsep strategis Bawaslu Kabupaten Asahan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat serta meminimalisir terjadinya pelanggaran pada saat berlangsungnya tahapan Pemilu 2019.

“Bawaslu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, bersama Bawaslu Kabupaten Asahan mendirikan Kampung Pengawasan Pemilu 2019. Sungguh luar biasa bentuk partisipasi dari masyarakat Silau Laut. Bawaslu berharap apa yang terjadi hari ini di Silau Laut akan bisa juga dilakukan di daerah lain di Indonesia,” puji Abhan.

Abhan berharap, partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilu terus meningkat sehingga Pemilu 2019 berjalan dengan damai dan akan mendapatkan pemimpin maupun wakil rakyat yang amanah, yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Indonesia.

“Kami berharap qpartisipasi masyarakat yang sedemikian tinggi tidak hanya terjadi pada hari ini saja tetapi kita ciptakan partisipasi masyarakat sampai pada hari pemungutan suara, tanggal 17 April 2019, dan masyarakat menggunakan hak pilihnya di bilik suara,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Syafrida Rasahan mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat di Kecamatan Silau Laut khususnya Desa Silo Lama yang berkenan hadir untuk melihat peresmian Kampung Pengawasan Pemilu. “Bawaslu beruntung karena desa ini bersedia menjadi salah satu desa percontohan bagi Sumatera Utara dan bagi Indonesia karena untuk Pemilu 2019 inilah Kampung Pengawasan Partisipatif pertama yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu Pangdam I Bukit Barisan yang diwakili Letkol If Agustasius Sitepu menyatakan dengan diresmikannya kampung pengawasan Pemilu ini, maka dijadikan tonggak dan contoh bagi desa-desa lain sehingga dari sini akan tercipta virus-virus kebaikan untuk mengawasi Pemilu secara jujur dan bersih.

"Mari kita menjadi agen-agen perubahan yang bersih dalam mengawasi Pemilu sehingga kita mempunyai pemimpin yang betul-betul kita harapkan,” harapnya.

Hadir dalam peresmian Kampung Pengawasan Pemilu 2019 di Desa Silo Lama antara lain, Asisten II Gubernur Sumut, Kapolda Sumut atau yang mewakili, Pangdam I Bukit Barisan, Dandim Asahan, Forkopimda, Asisten II Ekonomi Pembangunan Bupati Asahan, Kapolres, Pimpinan Partai Politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Asahan, Ketua KPU Asahan, dan Camat Silau Laut, dan ratusan masyarakat Silau Laut, jajaran Panwas Kecamatan Silau Laut, Kepala Desa Silo Lama dan Pengawas Desa Silo Lama serta Pengawas Kabupaten/Kota yang hadir dalam kegiatan Peresmian Kampung Pengawasan

Penulis/Foto: Tika

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu