• English
  • Bahasa Indonesia

Ujung Tombak Pengawasan Pemilu, Pengawas TPS Dituntut Kuasai Aturan

Banyumas, Badan Pengawas Pemilu – Pengawas TPS dan PPL adalah ujung tombak di hari H pemungutan dan penghitungan suara. Jajaran pengawas pemilihan diminta untuk memahami dan menguasai secara menyeluruh aturan atau regulasi dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu RI Abhan saat menyampaikan arahannya pada Apel Akbar  Patroli Pengawasan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah,  serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 di Alun-Alun Banyumas, Sabtu, (23/6/2018).

“Pengawas TPS pada hari H pemungutan kalau ada persoalan harus bisa menyelesaikan. Pengawas TPS pada hari H pemungutan kalau ada komplain dari peserta pemilihan atau saksi dari peserta pemilihan maka pengawas TPS harus bisa memberikan solusi yang tentunya berdasarkan regulasi yang ada,” terangnya. 

Abhan menegaskan kepada jajaran pengawas TPS, PPL, Panwascam,  Panwas kabupaten/kota untuk mengawasi tahapan masa tenang ini dan hari H pemungutan agar tidak terjadi pelanggaran.

“Lakukan upaya pencegahan semaksimal mungkin, lakukan juga sosialisasi kepada peserta Pilkada dan masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran.  Jika segala upaya pencegahan dan sosialisasi sudah dilakukan oleh jajaran pengawas pemilihan tetapi tetap terjadi pelanggaran maka tidak ada kata lain bagi pengawas untuk menegakkan aturan itu,” tegas Abhan.

Ketua Bawaslu juga mengingatkan bahwa sukses tidaknya penyelenggaraan Pilkada adalah tanggung jawab penyelenggara pemilihan,  yaitu KPU dan Bawaslu,  maka Bawaslu berharap kepada jajaran pengawas pemilihan untuk selalu berkoordinasi dengan jajaran KPU agar hal-hal yang mungkin terjadi potensi pelanggaran dapat dicegah POKERKOKO

“Lakukan koordinasi dengan jajaran KPU agar tidak terjadi potensi pelanggaran. Kami harapkan,  bila terjadi persoalan pada hari H pemungutan suara untuk bisa diselesaikan di tingkat bawah sehingga tidak menimbulkan risiko persoalan sampai tingkat kabupaten atau provinsi,” katanya.

Selain itu, Bawaslu berharap kepada peserta pemilihan khususnya partai politik untuk tertib aturan dan mendukung tahapan pilkada dengan sebaik-baiknya. Juga kepada stakeholder dan masyarakat dapat menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018 khususnya di Kabupaten Banyumas yang melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati dan Provinsi Jawa Tengah yang melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Penulis/Foto: Christina Kartika

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu