• English
  • Bahasa Indonesia

Wapres: Bawaslu Sukses Awasi Pilkada Serentak

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bawaslu Award 2016 di Jakarta, Senin (29/2) malam. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kinerja Pengawas Pemilu yang sukses mengawal Pilkada Serentak 2015.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 lalu. Menurutnya, Pilkada sudah berlangsung dengan demokratis, aman dan terkendali.

“Saya ucapkan selamat kepada anda (Pengawas Pemilu) semua, karena telah berhasil menciptakan Pilkada yang aman, baik, dan tidak ada korban,” kata Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara Bawaslu Award 2016, di Balai Sarbini, Senin (29/2) malam.

Menurut Jusuf Kalla, Pilkada yang aman dikarenakan sinergitas antara KPU dan Bawaslu yang terus berkoordinasi dengan baik dalam menyelenggarakan Pilkada. Riak-riak kecil yang terjadi di daerah adalah bagian dari dinamika dari demokrasi di Indonesia.

Dia mencontohkan dirinya saat ikut memantau Pemilu di salah satu Negara di Eropa. Saat itu, ia bersama dengan beberapa delegasi. Menurut penuturan beberapa delegasi, Pemilu di negaranya selalu diakhiri dengan kekacauan dan anarkisme. Oleh karena itu, Indonesia patut berbangga bisa menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada yang aman dan damai.

Seperti yang diketahui, Indonesia melaksanakan pagelaran Pemilu/Pilkada dengan jumlah yang cukup banyak. Hampir setiap tiga hari Indonesia melaksanakan Pemilu dan Pilkada. Namun, semua itu dilaksanakan dengan sukses tanpa ada masalah yang berarti.

Namun, Kalla juga menghimbau agar penyelenggara Pemilu melaksanakan terobosan-terobosan dalam Pemilu atau Pilkada. Menurutnya, gegap gempita Pilkada lalu, kurang terasa. Selain itu, menurutnya jumlah pemilih di TPS yang relative sedikit membuat Pilkada kian terasa sepinya.

Untuk informasi, Jusuf Kalla berkenan hadir dalam malam penganugerahan Bawaslu Award 2016. Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Bawaslu. Menurutnya, kehadiran RI-2 merupakan penghormatan tertinggi Negara kepada Bawaslu dan jajarannya.

“Pengawas Pemilu di seluruh Indonesia telah mempertaruhkan jiwa raga untuk Pilkada. Kita persembahkan jiwa raga ini untuk bangsa. Dengan kehadiran Wapres, ada penghargaan negara kepada kita,” tutur Muhammad.

 

Penulis           : Falcao Silaban

Foto                : Hendru/Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu