• English
  • Bahasa Indonesia
  • Perkecil
  • Normal
  • Perbesar

Bawaslu RI Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Bawaslu Provinsi

5 September 2017

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Proses seleksi calon Anggota Bawaslu Provinsi yang tersebar di 25 Provinsi seluruh Indonesia telah memasuki tahap akhir. Dari puluhan hingga ratusan peserta yang sebelumnya mengikuti tes Ujian dengan sistem Computer Asisted Test (CAT), lalu tes kesehatan di tiap-tiap provinsi kini telah memasuki enam besar.

Calon Anggota Bawaslu Provinsi yang telah memasuki fase akhir atau enam besar kini diuji oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) apakah patut dan layak menjadi Anggota Bawaslu Provinsi sesuai keahliannya masing-masing

Kegiatan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Bawaslu Provinsi masa tugas 2017-2022 ini dilangsungkan di Jakarta, sejak Senin (4/9) hingga (16/9).Uji Kelayakan dan Kepatutan ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Dalam satu hari, sebanyak 12 calon dari dua provinsi yang diuji dan satu peserta diberikan durasi waktu hingga satu jam.

Adapun yang menguji para calon Anggota Bawaslu Provinsi yang telah memasuki enam besar yaitu Ketua dan seluruh Anggota Bawaslu RI. Kegiatan Uji Kelayakan dan Kepatutan ini dibuat satu panel, hal tersebut dimungkinkan satu orang peserta akan diuji langsung oleh 5 orang Ketua dan Anggota Bawaslu RI.

25 Provinsi yang masa akhir jabatannya akan selesai pada 2017 yakni, Provinsi Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Nuas Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Bengkulu, Banten, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Penulis/Foto: Irwan

Editor : Pratiwi

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami