• English
  • Bahasa Indonesia
  • Perkecil
  • Normal
  • Perbesar

Sosialisasi Langkah Strategis Tentukan Keberhasilan Tahapan Pilkada

10 Oktober 2017

Denpasar, Badan Pengawas Pemilu - Sosialisasi tatap muka kepada stakeholders dan masyarakat merupakan langkah yang strategis dan menentukan keberhasilan proses pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2017. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gede Putu Jaya Suartama, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya, kegiatan semacam ini juga dapat mengantisipasi dan memberikan gambaran terhadap proyeksi titik-titik rawan titik kerawanan konflik yang ada dalam masyarakat, baik konflik sosial, hukum, politik, maupun ekonomi yang berimplikasi terhadap jalannya proses sistem Pemilu serta berbagai hambatan dan kendala yang harus diatasi secara arif dan bijaksana.

"Untuk menciptakan Bali yang aman bukanlah permasalahan yang mudah. Pemilu serentak tahun 2018 dapat dikatakan rentan terhadap terjadinya konflik yang akan memengaruhi situasi dan kondisi daerah akibat persaingan yang tidak sehat," ujarnya dalam kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 yang diselenggarakan Bawaslu, di Ruang Pertemuan UPT Monumen Bajra Sandhi, Denpasar.

Untuk itu Gubernur Bali berharap pada jajaran Bawaslu Provinsi Bali dan Panwas Kabupaten/Kota se-Bali untuk bersikap netral dan independen serta sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas-tugas dengan baik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu juga selalu meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait yang pada akhirnya dapat menciptakan kondusifitas politik tiap tahapan Pemilu serentak tahun 2018.

"Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta Bupati/Wakil Bupati, semua stakeholder harus berkomitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab agar penyelenggaraan dapat berlangsung dengan lancar dan berkualitas. Serta seluruh warga masyarakat yang mempunyai hak pilih dapat menggunakan haknya dengan baik, jujur, adil, dan demokratis sehingga semangat kebersamaan dapat terwujud," tegasnya.

Hadir dalam sosialisasi tatap muka, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia, Kepala Sekretariat Bawaslu Bali Ida Bagus Putu Adhinata, Tenaga Ahli Bawaslu Sulastio, dan Kepala Bagian Sosialiasi Feizal Rahman.

Sosialisasi tatap muka ini diikuti oleh KPU Provinsi/Kabupaten/Kota se-Bali, Sekretaris Daerah se Provinsi Bali, Kepala Kesbangpol se Provinsi Bali, Kepala Satpol PP se Provinsi Bali, Ketua Partai Politik, Kapolda Bali, Kapolres, Ketua DPRD se Provinsi Bali, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, organisasi masyarakat, Pimpinan Redaksi baik cetak maupun elektronik se-Provinsi Bali.

Penulis/Foto: Christina Kartika

Editor : Pratiwi

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami