• English
  • Bahasa Indonesia

Pojok Pengawasan Untuk Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat

6 Desember 2017


Banda Aceh, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo meresmikan Pojok Pengawasan sebagai pusat informasi pengawasan partisipatif pemilu di Kantor Bawaslu Provinsi Aceh, Rabu (6/12/2017). Peresmian pojok pengawasan ini merupakan salah satu program Bawaslu RI yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi mengenai Pemilu dan hasil pengawasan Pemilu sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.


"Bawaslu mendesain partisipasi masyarakat dalam pemilihan salah satunya dengan Pojok Pengawasan. Pojok Pengawasan ini pada awalnya memang masih ditempatkan di Kantor Bawaslu di seluruh wilayah Republik Indonesia. Aceh adalah provinsi yang kesekian. Target kami di 34 provinsi," jelas Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan sambutan.


Dewi menjelaskan, Bawaslu masih dalam rangka sosialisasi secara terstruktur, sistematis, dan masif karena Bawaslu merasa bahwa sosialisasi ini adalah satu hal yang harus dilakukan untuk membangkitkan semangat dari seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilihan.


"Pojok Pengawasan ini tentu dibuat untuk masyarakat. Tidak ada gunanya Bawaslu meluncurkan Pojok Pengawasan kalau nanti pada hari berikutnya ternyata tidak ada masyarakat yang berkunjung ke sana. Ini tentu butuh kreasi dari Bawaslu Provinsi bagaimana tempat ini bisa menjadi magnet masyarakat untuk datang melihat," tegas Dewi.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Aceh Muklir mengatakan, selain untuk edukasi masyarakat mengenai Pemilu, Pojok Pengawasan ini terbuka lebar untuk masyarakat sebagai tempat diskusi dalam mempelajari ilmu pengawasan Pemilu. Ia berharap, Pojok Pengawasan sebagai sarana untuk mendekatkan Bawaslu dan masyarakat agar tidak ada jarak.


"Bawaslu Provinsi Aceh mengajak masyarakat Provinsi Aceh agar berkunjung ke Pojok Pengawasan ini. Pojok Pengawasan ini merupakan tempat diskusi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi yang lebih banyak terkait ilmu-ilmu pengawasan dan bagaimana tata cara pelaporan pelanggaran Pemilu. Oleh karena itu bagi siapa pun, Bawaslu Aceh terbuka lebar pintunya untuk berkunjung ke Pojok Pengawasan ini," tandasnya.


Hadir juga dalam peresmian tersebut, Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi, Anggota Bawaslu Provinsi Aceh Asqalani dan Zuraida Alwi, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Aceh beserta jajaran sekretariat Tenaga Ahli Bawaslu RI, Kepala Subbagian Sosialisasi Bawaslu RI, dan pejabat struktural dan pegawai di Lingkungan Bawaslu Provinsi Aceh.


Penulis/Foto: Christina Kartika

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami