• English
  • Bahasa Indonesia

Berita

Penulis : Jaa Pradana
pada : Senin, 15 Juli 2019 - 15:56 WIB
Dilihat : 113 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Papua menyampaikan keterangan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilihan legislatif (pileg) untuk wilayah Papua di Mahkamah Konstitusi (MK). Sekitar 1.200 alat bukti telah diserahkan ke panitera MK pada 12 Juli 2019 guna menghadapi 20 aduan sengketa peserta pileg.

Penulis : Andrian Habibi
pada : Senin, 15 Juli 2019 - 15:21 WIB
Dilihat : 77 kali

Batam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengatakan, Bawaslu perlu mempersiapkan laporan keuangan yang baik agar kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk kelima dan keenam sekaligus.

Penulis : Rama Agusta
pada : Senin, 15 Juli 2019 - 14:31 WIB
Dilihat : 85 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu Jawa Barat (Jabar) telah melakukan penyelesaian sengketa proses adminitrasi pemilihan legislatif (pileg) di Kota Sukabumi. Sekaligus juga telah melakukan penyandingan data di Kabupaten Kuningan. Demikian keterangan Bawaslu Jabar dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota Bawaslu Jabar Yusuf Kurnia menjelaskan, hasil pengawasan jajarannya dalam pileg di Kota Sukabumi terkait pengambilan formulir C1 sebagai alat bukti dalam sidang pileg.

Penulis : Rama Agusta
pada : Senin, 15 Juli 2019 - 11:06 WIB
Dilihat : 70 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jawa Barat (Jabar) menyampaikan keterangan dalam agenda penyelesaian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pemilihan legislatif (pileg) berdasarkan hasil pengawasan di Kabupaten Bekasi, di Ruang Sidang Panel 3, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (15/7/2019).

Penulis : Andrian Habibi
pada : Senin, 15 Juli 2019 - 10:37 WIB
Dilihat : 114 kali

Batam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengingatkan kewajiban Bawaslu hingga tingkat daerah mengelola keuangan Negara dengan baik. Dia meminta, pimpinan dan staf Bawaslu harus mengusahakan pengelolaan keuangan tertib hukum, efisien, efektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penulis : Muhtar
pada : Minggu, 14 Juli 2019 - 20:19 WIB
Dilihat : 127 kali

Gorontalo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, sangat penting merumuskan hasil-hasil pengawasan dan rekomendasi di dalam laporan akhir hasil pengawasan Pemilu 2019. Saran perbaikan dan rekomendasi dari sebuah laporan akhir hasil pengawasan pemilu menurutnya jadi rujukan perbaikan pemilu ke depan.

"Rekomendasi ini adalah rujukan untuk perbaikan pemilu kedepan," katanya saat memberikan sambutan dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Laporan Akhir Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Gorontalo, Minggu (14/7/2019).

Penulis : Reyn Gloria
pada : Minggu, 14 Juli 2019 - 12:31 WIB
Dilihat : 64 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam menyiapkan berkas bukti dokumen untuk pembuatan keterangan, Bawaslu Jambi harus lembur dan kesulitan akses infrastruktur dari daerah. Salah satunya, saat mengumpulkan bukti dari Kabupaten Kerinci.

Penulis : Dinar Safa
pada : Sabtu, 13 Juli 2019 - 11:55 WIB
Dilihat : 76 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum—Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin menekankan pentingnya penyusunan Kajian Standard Operational Procedure (SOP) dalam hal sosialisasi Bawaslu demi mewujudkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan pemilu.

Menurutnya, sosialisasi adalah pekerjaan yang melekat pada semua divisi di Bawaslu, maka jika aktivitas ini dihubungkan maka akan tercipta pengawasan partisipatif dari masyarakat.

Penulis : Hendi Purnawan
pada : Sabtu, 13 Juli 2019 - 11:26 WIB
Dilihat : 102 kali

Denpasar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekertaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu, Gunawan Suswantoro memerintahkan seluruh kepala sekertariat (kasek) Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota sering mengundang Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) di wilayahnya masing-masing untuk mendiskusikan berbagai hal peningkatan kualitas pengelola keuangan.

Penulis : Reyn Gloria
pada : Sabtu, 13 Juli 2019 - 11:03 WIB
Dilihat : 167 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Kalimantan Barat (Kalbar) Ruhermansyah berbagi kisah saat menyusun berkas-berkas guna dilampirkan dalam Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilihan legislatif (pileg). Penyusunan berkas diakuinya sangat melelahkan hingga ada insiden 'buka baju'.

Ruhermansyah menyebutkan, beberapa jajarannya sampai buka baju dalam menyiapkan berkas karena ruangan kantor yang panas. Belum lagi, tumpukan berkas C1 dari Bawaslu tingkat kabupaten/kota yang memang memenuhi lantai kantor.

Halaman

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat