• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Dukung Pemilih di Luar Negeri Nyoblos Dulu

Jakarta, Awaslupadu.com.Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Nasrullah mengapresiasi rencana Komisi Pemilihan Umum yang akan memajukan jadwal pencoblosan di luar negeri. "Bawaslu menyambut baik rencana tersebut. Ini patut diberi apresiasi," kata dia di kantornya, Rabu, 3 Juli 2013.

Menurut dia, proses pencoblosan yang tak satu hari diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di luar negeri. Selain itu, menurut dia, ini bentuk upaya memberikan sebuah jaminan terhadap hak konstitusional warga negara Indonesia terhadap penggunaan hak politik mereka.

Ia menambahkan selama ini partisipasi masyarakat di luar negeri kurang karena berbagai kendala. "Misalnya terbatas aspek akses menuju tempat pencoblosan," ujarnya.

Menurut dia, adanya tambahan durasi waktu memudahkan warga negara Indonesia di luar negeri dalam menggunakan hak politiknya. "Bila perlu mereka dikasih surat suaranya kemudian mereka pilih langsung," tutur Nasrullah.

Tapi, kata Nasrullah, yang terpenting KPU harus memikirkan wilayah teknis. Ia menyatakan jangan sampai wilayah perbatasan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. "Misalnya perbatasan Malaysia-Indonesia, setelah menggunakan hak pilih mereka di Malaysia, mereka bisa gunakan hak pilihnya di Indonesia."

Dalam supervisi pemilu di Malaysia, Komisioner KPU Juri Andi Ardiantoro mengatakan akan ada penambahan durasi waktu untuk yang nyoblos di luar negeri untuk pemilu legislatif. "Jika di Indonesia nyoblosnya 9 April 2014, maka di luar negeri 30 Maret sampai 6 April 2014."

Ia menyatakan penambahan durasi waktu ini dikarenakan untuk meningkatakan partisipasi pemilih yang lima tahun lalu hanya 32 persen. Selain itu, menurut Juri, penambahan ini untuk memberikan waktu yang cukup untuk sampainya formulir C1 ke Indonesia.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu